• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 27 Januari 2022

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Pelayanan Puskesmas Diharapkan Hingga Tingkat Paripurna
    ALEX | Jumat, 19 Mei 2017 | 07:43 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Pelayanan
    Sekda Kabupaten Ende Agustinus G. Ngasu menyerahkan sertifikat akreditasi kepada empat Puskesmas

     

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Sekretaris Daerah Kabupaten Ende Dr. Agustinus G Ngasu mengharapkan Puskesmas yang ada di daerah itu terus meningkatkan pelayanan hingga paripurna.

     

    “Hal ini menjadi penting demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang berobat di tempat pelayanan tersebut,” kata Gusti Ngasu saat memberikan hasil akreditasi Puskesmas tingkat dasar dan madya, Kamis(18/5) kepada empat Puskesmas di Kabupaten Ende.

     

    Lebih lanjut Gusti Ngasu mengingatkan, Puskesmas yang menerima akreditasi tersebut untuk tidak berpuas diri namun terus melakukan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

     

    "Terus lakukan pelayanan hingga ketingkat paripurna. Jangan berpuas diri dengan menerima akreditasi tetapi jadikan itu sebagai pemacu semangat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dan jangan hanya sebatas di atas kertas," pesannya.

     

    Berkaitan dengan tenaga medis yang dirasa belum merata pada Puskesmas yang ia mengatakan akan membenah kembali sehingga penyebaran bisa merata.

     

    "Tahun ini kita sudah mengangkat 100 bidan PTT dan sekarang sudah terdaftar jadi CPNSD. Mungkin kita akan sebarkan ke Ppuskesmas sehingga bisa menjawabi kekurangan tenaga di sana," katanya sambil berharap kepada pemerintah provinsi untuk bisa mengeluarkan kebijakan demi memenuhi kekurangan tenaga medis.

     

    Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dr. Muna Fatma mengatakan,akreditasi Puskesmas dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI yakni Komisi akreditasi Pelayanan Kesehatan bekerja sama dengan lembaga independen. Di situ mereka melakukan survei terhadap Puskesmas yang ada.

     

    "Survei dan penilaian dilakukan oleh Kementrian melalui lembaga yang independen. Mereka datang, investigasi terhadap puskesmas-puskesmas dan memberi penilaian berdasarkan fakta di lapangan," kata Muna Fatma.

     

    Ia menyebutkan sedikitnya ada 776 elemen penilaian termasuk di dalamnya soal pelayanan. Untuk itu dipastikan banyak dokumen yang harus dibuat sesuai dengan standar operasional dan pelayanan dari pemerintah.

     

    Lebih jauh mantan Dirut RSUD Ende ini mengatakan, di Kabupaten Ende terdapat 24 Puskesmas, dari 21 Puskesmas ini yang sudah di survei sebanyak delapan Puskesmas. Namun hasil survei baru untuk empat Puskesmas dimana dua Puskesmas mendapat akreditasi dasar dan duanya lagi akreditasi madya.

     

    "Yang akreditasi dasar adalah Puskesmas Maurole dan Nangapanda. Sementara akreditasi madya adalah Puskesmas Watuneso dan Riaraja," kata Muna Fatma.

     

    Ia juga berharap dengan adanya akreditasi ini pelayanan yang diberikan puskesmas sesuai dengan standar yang diberikan pemerintah.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2022 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.