• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 22 September 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Bangun Monumen Pancasila FPK Minta Dukungan Dewan
    ALBERT VINCENT REHI | Rabu, 07 Juni 2017 | 14:28 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Bangun
    Maket Monumen Pancasila

     

    KUPANG,FLOBAMORA.NET -  Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) meminta dukungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk rencana pembangunan Monumen Pancasila di Kota Kupang.
       

    Permintaan itu disampaikan Ketua FPK Pius Rengka di Kupang, Rabu (7/6).  Pius menjelaskan, FPK memandang kondisi intolerasi dan radikalisme yang terjadi belakangan ini merupakan dampak dari persoalan umum di tingkat global yang menurutnya berdampak mengganggu relasi antaranak bangsa di Indonesia.
       

    "Belakangan dapat kita lihat interaksi sosial diwarnai dengan suasana kecurigaan sangat tinggi, saling memojokkan, saling melukai, dan kami berpikir bahwa bukan ini sesungguhnya wajah bangsa Indonesia," kata Mantan DPRD NTT 1997-1999 itu.
       

    Menurutnya, generasi bangsa membutuhkan pengutan doktrin untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai idelogi bangsa.
       

    Untuk itu, pada 31 Mei lalu FKP menggelar seminar nasional kebangsaan yang melibatkan berbagai elemen masyarakat setempat untuk mempertegas kembali komitmen mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila
       

    Ia mengatakan, pihaknya menginginkan agar NTT terus menjadi rumah dan contoh relasi kehidupan yang positif dan damai bagi daerah-daerah lain.
       

    "Mengapa? karena toleransi lintas elemen di sini sudah dibuktikan dalam sejarah dan merupakan sesuatu yang alami dan terus dipertahankan sampai saat ini," katanya.
       

    Bahkan, lanjutnya toleransi antarumat di provinsi kepulauan itu terlah diakui pula secara nasional melalui penghargaan dari Kementerian Agama sebagai provinsi paling toleran.
       

    FPK, katanya, memandang penting bahwa komitmen menjaga dan mengamalkan Pancasila dari berbagai elemen masyarakat setempat itu dipertegas pula dengan adanya pembangunan Monumen Pancasila.
       

    "Untuk itu kita berharap niat ini (membangun monumen Garuda Pancasila) medapat dukungan dari dewan sehingga bisa terealisasi," katanya.
       

    Anggota FPK Theodorus Widodo yang juga menyumbangkan lahannya seluas 5 Ha untuk pembangunan monumen itu menjelaskan, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan Monumen Pancasila itu diperkirakan mencapai Rp35 miliar.
       

    Ia menjelaskan, Monumen Pancasila yang sudah dirancang sejumlah arsitek setempat itu berketinggian 30 meter dengan lokasi pembangunan berada pada sebuah bukit arah menuju Pelabuhan Bolok, Kabupaten Kupang.
       

    "Jadi dibangun di atas bukit dan juga naik lagi mencapai 30 meter sehingga diharapkan bisa dilihat dari berbagai arah apalagi melalui udara," katanya.
       

    Selain itu, katanya, di dalam monumen bisa dimanfaatkan dengan perpusatakaan, palataran pentas, dan berbagai unsur tentang Pancasila, dan di luar ruangan disiapkan pula taman baca dan lokasi rekreasi.
       

    "Kita berharap juga monumen ini nantinya menjadi pusat ekonomi masyarakat sekitaranya karena menjadi salah satu destinasi baru yaitu wisata kebangsaan," katanya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.