• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 30 Oktober 2020

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Pembangunan Bendungan Raknamo Sudah Capai 95 Persen
    ALBERT VINCENT REHI | Sabtu, 23 September 2017 | 17:44 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Pembangunan
    Kondisi bangunan Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang saat ini

     

     
    UPANG, FLOBAMORA.NET -  Pembangunan Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, sekarang sudah mencapai 95 persen dan mengalami progress positif lantaran terjadinya percepatan pembangunan dari rencana awal.

     

    Kepala Balai Sungai Wilayah Nusa Tenggara II, Agus Sosiawan didampingi sejumlah stafnya kepada wartawan di Raknam, Sabtu (23/9) menjelaskan,  hingga saat ini, tidak terlalu banyak kendala yang dihadapi dalam pembangunannya.

     

    “Pembangunan bendungan itu dipercepat atau sekitar tiga tahun sejak awal pembangunannya pada desemeber 2014 lalu Selain itu karena cuaca serta alam yang sangat bersahabat selama proses pembangunan,” jelasnya.

     

    Hingga saat ini pembangunan bangunan pelimpah, menurutnya, telah selesai dibangun, jalan akses masuk ke kawasan bendungan juga sudah selesai, pekerjaan main dam atau bendungan utama lanjutnya masih tersisa batu permukaan paling luar bendungan utama yang berada di daerah hilir bendungan, sementara untuk hulunya sudah dinyatakan selesai 100 persen.

     

    Kemudian juga jalan lingkar bendungan, kata Agus, saat ini tengah dalam pengerjaan dan dari panjang delapan kilometer saat ini masih dalam pengerjaan, terselesaikan tiga kilometer.

     

    "Sisanya nanti tinggal persiapan untuk pengisian air saja. Dan kita berharap akhir September nanti bisa selesai," tuturnya.

     

    Pihaknya menargetkan juga mudah-mudahan sertifikat pengisian itu bisa didapatkan, sehingga tahun ini juga sudah bisa dilakukan proses pengisian saat musim hujan nanti.

     

    Untuk diketahui, Bendungan Raknamo di Desa Raknamo merupakan salah satu bendungan dari tujuh bendungan yang menjadi perhatian Kementerian Pekerjaan Umum untuk mengatasi masalah air baku di NTT.

     

    Bendungan dengan luas 147 hektare yang mulai dibangun Desember 2014 ini menghabiskan dana sebesar Rp760 miliar dengan kapasitas air nantinya mencapai 14,09 juta meter kubik

     

    Bendungan Raknamo yang berlokasi di Kecamatan Amabi oefeto, Kabupaten Kupang, menjadi satu dari tiga bendungan yang ditarget rampung tahun ini. Bendungan ini merupakan bendungan pertama yang dibangun Presiden Joko Widodo (Jokowi) di NTT.

    Selain menampung air untuk penyediaan air baku, pengairan sawah seluas 841 hektare. Bendungan ini juga diharapkan bisa menanggulangi permasalahan banjir dan diberdayakan untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro  dengan kapasitas 0,22 MW.

    Sebagai informasi, Bendungan Raknamo mulai dibangun pada Desember 2014. Pembangunan bendungan ini menjadi kado ulang tahun untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ke-56 pada saat itu.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.