• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 30 September 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Tim Evakuasi Bangkai KM Nusa Damai Diminta Pastikan Posisi Kapal
    LEX | Selasa, 11 Maret 2014 | 14:30 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Tim
    Koordinator Tim Evakuasi Syiaful Saat Bertemu Bupati Ende, Don Bosco M.Wangge

     

     

    Ende, Flobamora.net - Suksesnya Tim evakuasi KM Nusa Damai dalam memindahkan kapal dari Kolam labuh Pelabuhan Ipi Ende mendapat apresiasi luar biasa dari warga masyarakat kabupaten Ende.

    Meski demikian masyarakat masih menghendaki agar Tim evakuasi dari PT Neutic Maritime Salvege harus memastikan posisi kapal secara benar sebelum mereka meninggalkan kota Ende.

    Hal ini disampaikan salah seorang warga kota Ende Alex Joan saat di temui, Selasa (11/3) di kediamannya. Alex Joan yang juga pernah bergabung bersama Stenley dalam mengevakuasi KM Nusa Damai tahun 2005 lalu merasa sangsi bahwa bangkia KM. Nusa Damai  sudah bergeser dari kolam labuh pelabuhan Ipi sepanjang 600 meter.

    “Saya tidak yakin kapal itu sudah menjauh 600 meter  seperti yang di sebutkan tadi.Kalau benar Tim harus memastikan posisi kapal dimana dan bisa memberi tanda untuk pengamanan pelayaran apalagi berbahaya kalau kapal tersebut masih bergerak,”kata Alex yang saat itu bersama Stenley gagal mengeluarkan bangkai KM Nusa Damai.

    Dia menuturkan bukan saja karena ada dermaga atau pelabuhan Ipi namun ada fasilitas negera lainnya yakni dermga Pertamina, karena itu Tim evakuasi harus benar-benar memastikan posisi kapal tersebut.

    Kata dia, sebagai warga Kabupaten Ende dia menyampaikan apresiasi terhadap tim evakuasi yang telah berhasil memindahkan bangkai kapal tersebut.

    Namun kata, dia tanpa mengurangi hasil kerja tim dirinya sekali lagi berharap agar pastikan posisi kapal sehingga tidak menggangu pelayaran atau dermaga atau fasilitas lainnya di pelabuhan Pertamina.

    Sementara itu Koordinator Tim Evakuasi Syiaful ditemui Senin (10/3)  mengatakan berdasarkan pemantauan, posisi kapal pada 600 meter arah tenggara dengan kedalaman 90 meter atau 263 feet.

    Menurutnya, dalam penyelaman untuk mendeteksi posisi kapal pada , Senin (10/3) pagi dengan menggunakan GPS di ketahui kedalaman seperti itu. Utuk dua hari ke depan pihaknya akan terus melakukan pemantauan hingga diketahui posisi kapal tidak bergeser dan kondisi kapal dinyatakan aman.

    Dia menyebutkan sekarang posisi kapal ‘terduduk manis’dan tidak menggangu arus pelayaran seperti yang dikhawatirkan banyak pihak.Kondisi kapal masih utuh dan tidak patah seperti yang diperbincangkan banyak orang.Ledakan yang terjadi saat evakuasi adalah pecahnya balon udara atau airbag.Dengan digesernya posisi KM Nusa Damai dari kolam labuh dipastikan kapal jenis Roro sudah bisa masuk  ke pelabuhan Ipi Ende.

    “Kalau permintaan untuk memasang buoy atau tanda peringatan tidak perlu karena tidak menggangu aktivitas pelayaran apalagi kedalaman hingga 263 feet atau sekitar 90 mete,r” katanya.  

    Dia mengajak warga yang ingin memastikan kondisi kapal untuk melihat secara langsung dan mereka akan pandu untuk bisa melihat kondisi atau posisi kapal tersebut.Mereka juga berjanji akan membersihkan semua yang ada di area tenggelamnya KM Nusa Damai agar Pelabuhan Ipi benar-benar aman.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.