• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 15 November 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Pemprov NTT Segera Bentuk Tim Selesaikan Tuntutan Warga Eks Timtim
    WILSON BOYMAU | Minggu, 26 Agustus 2018 | 18:44 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Pemprov
    Rakor Pemprov NTT

     

    KUPANG - Bentrokan antara warga eks Timtim dengan warga lokal di Kupang Timur, Kabupaten Kupang, kembali pecah beberapa hari lalu dan memakan korban jiwa. Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT menyatakan sangat prihatin atas insiden tersebut. Pemprov pun berjanji segera membentuk tim untuk menyelesaikan tuntutan warga eks Timtim.

    “Pemprov NTT segera membentuk Tim untuk menyelesaikan masalah-masalah yang selama ini belum terselesaikan, khususnya menyangkut tuntutan warga Eks Timtim, seperti sertifikasi lahan/tanah dan rumah. Tim ini akan dikoordinasikan oleh Asisten 1 Sekda Provinsi NTT,” demikian salah satu butir kesepakatan yang dihasilkan dalam Rapat Forkopimda NTT, di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, Minggu (26/8).

    Kepada Wartawan Kepala Biro Humas Setda NTT, Samuel Pakereng, menjelaskan, Rapat Forkopimda yang dipimpin Penjabat Gubernur Robert Simbolon, khusus membahas situasi terkini pasca bentrokan di Oebelo, Kupang Tengah, Kabupaten Kupang antara warga Eks Timtim dan warga lokal.

    Menurut Pakereng, Forkopimda NTT menyatakan prihatin atas terjadinya bentrok antarkelompok warga di Oebelo, dan turut berduka cita atas jatuhya korban meninggal dunia di dua pihak/kelompok warga yang berkonflik.

    Ia menyebutkan, rapat tersebut menyepakati empat hal. Pertama,
    Penyelesaian masalah tersebut tetap mengedepankan penegakan hukum. Karena itu, Polda NTT diminta untuk terus melakukan proses penegakan hukum.

    Kedua, Pemprov NTT segera membentuk Tim untuk menyelesaikan masalah-masalah yang selama ini belum terselesaikan, khususnya menyangkut tuntutan warga Eks Timtim, seperti sertifikasi lahan/tanah dan rumah, dibawah koordinasi Asisten 1 Sekda NTT.

    Ketiga, Pemprov NTT mendorong dilakukannya rekonsiliasi dua kelompok warga yang berkonflik, dengan menyiapkan acara perdamaian dan deklarasi hidup berdampingan secara damai. Rekonsiliasi ini dikoordinasikan oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi NTT.

    Keempat, Pemprov NTT mengusahakan untuk memberikan tanda kasih sebagai ungkapan bela sungkawa atau semacam uang duka bagi keluarga korban meninggal dan bantuan uang pengobatan bagi keluarga korban luka-luka, yang dikoordinasikan oleh Kepala Biro Kesra Setda NTT.

    Karo Humas juga menambahkan, hasil kesepakatan ini akan disampaikan kepada Menko Polhukam dan Mendagri di Jakarta sebagai laporan. Juga kepada Bupati Kupang untuk koordinasi.***

     


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.