• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 24 Oktober 2018

     

     
    Home   »  Travel
     
    Kota Bersejarah Guanajuato dan Tambang-Tambang Disekitarnya, Meksiko
    YOHANES LANGGAR BILLY | Selasa, 28 Agustus 2018 | 17:48 WIB            #TRAVEL

    Kota
    Dok Web

     

     

    Flobamora.net – Guanajuato adalah contoh menakjubkan kumpulan arsitektur yang menggabungkan aspek industri dan ekonomi kegiatan pengoperasian pertambangan. Didirikan oleh orang-orang berkebangsaan Spanyol pada awal abad keenambelas, kota Guanajuato bertumbuh menjadi pusat penambangan perak yang maju pada abad kedelapanbelas.

     

    Peninggalan masa lalu dapat disaksikan melalui ‘jalan-jalan yang terlestarikan sampai sekarang’ dan ‘Boca del Inferno’ terowongan sepanjang 600 meter yang menimbulkan decak kagum yang mengarah ke pusat penambangan. Bangunan-bangunan kota bergaya Baroque dan neoklasikal yang indah ini, dibangun dari hasil pertambangan, telah memengaruhi gaya bangunan-bangunan di seluruh Meksiko tengah.

     

    Gereja La Compania  dan La Valenciana merupakan contoh bangunan-banguan tercantik dengan arsitektur bergaya Baroque di Amerika Tengah dan Selatan. Guanajuato juga merupakan saksi mata peristiwa-peristiwa yang mengubah sejarah Meksiko.

     

    Para penakluk berkebangsaan Spanyol awal mula menduduki wilayah ini pada 1529 dan pada 1548 mereka menemukan bongkahan-bongkahan perak di Guanaxhuata. Demi melindungi para prospektor, penambang dan pendatang baru, dibangunlah empat bangunan di Marfil, Tepetapa, Santa Ana, dan di Cerro del Cuarto; pemukiman-pemukiman ini membentuk inti kota yang kemudian disebut dengan Guanajuato.

     

    Terbentang melalui lembah yang berkelok-kelok pada ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut, Guanajuato berbeda dari kota-kota kolonial lain di Spanyol Baru ini karena kota ini tidak berdiri dengan jalan-jalan yang saling bersimpangan satu dengan yang lainnya. Melainkan, wilayah-wilayah yang bertebaran ini berdiri bersama Guanajuato melalui urbanisasi spontan di tempat-tempat yang cocok dengan tanah berterasering alam yang keras.

     

    Didirikan pada waktu tambang-tambang perak dibuka, Guanajuato memiliki hubungan simbiotik dengan kota-kota ini sampai dengan abad kesembilanbelas. Pertumbuhannya, tata letak jalan-jalannya, termasuk jalan-jalan yang masih terlestarikan dan menarik dan menjadi pusat lalu lintas kendaraan, alun-alunnya, biara-biara dan istana-istananya, semuanya bertalian erat dengan sejarah industri wilayah tersebut, yang mana, dengan runtuhnya tambang-tambang Potosi pada abad kedelapanbelas, menjadikan Guanajuato pusat pengayakan perak termaju di dunia.

     

    Guanajuato memainkan peran penting dalam Perang Kemerdekaan Meksiko antara 1820-21; Miguel Hidalgo, pemimpin pemberontak, memulai pemberontakannya di negara bagian Guanajuato yang beribukota Guanajuato. Gedung-gedung Guanajuato bergaya Baroque yang menakjubkan berkaitan erat dengan hasil-hasil pertambangan yang bergelimpangan. Gereja La Compania (1745-65) dan di atas segalanya, gereja La Valeciana (1765-88) merupakan karya agung gaya Mexican Churrigueresque. Bangunan gereja La Valenciana dan gedung Casa Rul y Valenciana didanai oleh sebagian besar kemakmuran pertambangan dan bahkan pusat-pusat tambang yang kecilpun memiliki gedung-gedung gereja, istana maupun rumah-rumah yang letaknya berdekatan satu dengan yang lainnya.     


     


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.