• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 11 Agustus 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Ende Tutup Semua Jalur Transportasi
    ALBERT REHI | Senin, 27 April 2020 | 22:01 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Ende
    Pelabuhan Bung Karno Ende,Flores

     

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET - Pemerintah Kabupaten Ende menutup semua jalur transportasi menuju Kabupaten Ende. Penutupan dilakukan mulai hari ini sebagai upaya mencegah Covid-19 masuk Ende. Penutupan tersebut  diperuntukan untuk seluruh moda  transportasi, baik udara, laut maupun transportasi darat.

    Keputusan mengisolasi Kabupaten Ende itu dicapai dalam rapat koordinasi penanganan dan pencegahan penularan virus corona, Senin (27/4/2020) di lantai dua Kantor Bupati Ende.

    Bupati Ende, Djafar Achmad, yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Ende, usai pertemuan tersebut membenarkan bahwa pemerintah dalam hal ini Gugus Tugas secara resmi menutup semua jalur transportasi.

    “Mulai hari ini melalui keputusan rapat Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19, semua jalur transportasi menuju Kabupaten Ende kita tutup,” ujar Djafar Achmad.

    Rapat ini, tambahnya, merupakan rapat yang melibatkan seluruh unsur dan elemen dan lengkap.

    Djafar menyebutkan, keputusan untuk menutup jalur transportasi berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 tahun 2020.

    Djafar mengatakan, penutupan itu bukan soal zona merah, kuning atau hijau, namun berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25, maka pihaknya mengambil langkah untuk menutup transportasi.

    “Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

    Ia menuturkan, untuk perhubungan laut hanya diizinkan kapal pengangkut barang komoditi, sementara untuk penumpang tidak diperkenankan. Begitu juga untuk pelabuhan udara dimana tidak diizinkan semua penerbangan yang mengangkut penumpang. Sementara yang bisa adalah yang mengangkut logistik kesehatan atau obat-obatan.

    “Sama halnya dengan darat. Kita larang semua orang yang ingin masuk ke Kabupaten Ende, baik melalui pintu masuk barat, timur atau  utara. Yang bisa cuma kendaraan yang muat logistik,” ujar Djafar.

    Disentil apakah ini merupakan bentuk lock down, Djafar mengatakan, dia tidak mau menyebutkan hal itu  Menurut dia, keputusan yang dibuat berdasarkan Peraturan Mentri Perhubungan dan pemerintah dalam hal ini Gugus Tugas mengamankan Peraturan Menteri Perhubungan tersebut.

    Sementara itu, di perbatasan Kabupaten Ende mulai diperketat penjagaan. Seperti di Nangamboa, Kecamatan Nangapanda untuk perbatasan langsung dengan Kabupaten Nagekeo dan Ngada.

    Di Watuneso, Kecamatan Lio Timur, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sikka, juga diperketat. Pengawasan juga dilakukan di Kotabaru dan Maukaro yang juga berada di wilayah utara berbatasan langsung dengan Kabupaten Sikka.

    Beberapa pelabuhan rakyat di wilayah utara Kabupaten Ende, juga diperketat karena banyak kapal rakyat datang dari Makassar.***

     

     



     


    Sumber: Humas Pemkab Ende
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.