• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 04 Desember 2020

     
    Home   »  Siapa & Siapa
     
    Stephen King – Salah Satu Penulis yang Membentuk Sejarah Dunia
    YOHANES L. BILLY | Minggu, 24 Mei 2020 | 16:14 WIB            #SIAPA & SIAPA

    Stephen
    Sumber: biography.com

     

     

    Flobamora.net – Stephen Edwin King, lahir di Portland, Maine pada 21 September 1947, putra dari Donald dan Nellie Ruth, adalah seorang penulis cerita horor terlaris dan merupakan salah satu penulis kenamaan di dunia pada abad keduapuluh. Pada waktu Stephen berusia dua tahun, ayahnya meninggalkan keluarganya, dan Stephen hidup sepi dan terluka. Untuk mengisi kekosongan akibat ditinggalkan ayahnya, Stephen menciptakan karakter-karakter khayalan dan tenggelam dalam petualangan-petualangan mereka.

    Stephen lulus dari Universitas Maine pada tahun 1970 dan mengajar Bahasa Inggris di Akademi Hampden (Maine) dari 1971 sampai 1973. Ia juga bekerja sebagai seorang penulis pemukiman Universitas Maine di Orono dari tahun 1978 sampai 1979. Semuanya itu dilakukan agar ia bisa bertahan hidup secara finansial.

    Keuntungan besar dibuatnya melalui novelnya yang berjudul Carrie, (1974), novel tentang seorang gadis muda yang memiliki kemampuan telekinesis – kemampuan memindahkan obyek atau barang dari kejauhan dengan menggunakan kekuatan pikiran.

    Karya-karya berikutnya digarapnya sekitar dunia sihir dan berbagai aspek alam gaib, yang membuat para pembacanya merasa tegang tetapi tergairahkan dalam membacanya, menjadikan setiap karyanya laku terjual dalam jumlah besar.

    Karya-karyanya itu meliputi Salem’s Lot (1975), The Shining (1976), Firestarter (1980), Cujo (1981), Different Seasons (1982), Christine (1983), Pet Semetary (1983), Skeleton Crew (1986), The Tommyknockers (1987), The Dark Half (1989), The Stand (lengkap)(1990), Four Past Midnight (1990), The Dark Tower III: the Waste Lands (1991), Gerald’s Game (1992), dan Dolores Claiborne (1992). King juga menciptakan skenario asli untuk Sleepwalkers (1991).

    Sebagai seorang aktor, King pernah bermain di film Knightriders (1981), Creepshow (1982), Maximum Overdrive (1986) dan Creepshow II (1988). Ia juga menciptakan dan menulis mini seri TV berjudul The Stand (1994).

    Kebiasaan membaca cerita-cerita horor dan fiksi ilmiah sejak masih di usia dini, King mampu mengembangkan intuisi yang bisa dinikmati oleh para pembacanya dalam novel-novelnya. Ia menggunakan alur cerita yang terjadi tiba-tiba dan berkelok-kelok yang membuat para pembacanya terkaget-kaget dan ia juga senang menciptakan dunia khayalan pada karakter-karakternya yang tidak memiliki kontrol pada lingkungan mereka sendiri. Dalam novel-novelnya Stephen King, karakter-karakternya selalu sepenuhya mendapat belaskasihan dari orang lain, apakah itu dari kekuatan-kekuatan supranatural, monster-monster yang tidak dikenal, penjahat-penjahat berdarah atau makhluk-makhluk jahat dari dalam mereka sendiri.

    Di antara hobi-hobi lainnya, King kadang-kadang bermain gitar dalam kelompok rock band dengan nama Rock Bottom Remainders, yang seluruh anggotanya terdiri dari rekan-rekan penulis termasuk humoris dan kolumnis Dave Berry dan Amy Tan.


     


    Sumber: 100 Authors Who Shape World History, p 108
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.