• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 05 Juli 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Pemprov Diminta Tutup PT. Flobamor Bangkit Internasional
    ALBERT VINCENT REHI | Sabtu, 27 Juni 2020 | 21:55 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Pemprov
    Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD NTT, Leonardus Lelo

     

     

    KUPANG,FLOBAMORA.NET - Fraksi Partai Demokrat (FPD) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) NTT meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT menutup PT. Flobamor Bangkit Internasional yang menjadi anak perusahaan PT. Flobamor untuk mengelola Hotel Sasando dan Hotel Plago yang diambil alih Pemprov NTT.

    Demikian dikatakan Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD NTT, Leonardus Lelo yang juga Wakil Ketua Komisi III, Rabu (24/6/20) lalu di Gedung DPRD NTT.

    “Menurut kami, Pemprov NTT perlu mempertimbangkan untuk menutup PT. Flobamor Bangkit Sejahtera. Kalau hanya untuk mengelola dua hotel itu, kenapa harus buat anak perusahaan baru? Ini tidak efisien, pemborosan.  Jadi ditutup saja,” tandas Lelo.

    Menurut politisi Demokrat dari Dapil V itu, sesuai penjelasan manajemen PT. Flobamor, anak-anak perusahaan PT. Flobamor sebelumnya telah ditutup karena alasan efisiensi.  Tapi anehnya, Pemprov kembali membentuk anak perusahaan baru PT. Flobamor, yakni PT. Flobamora Bangkit Internasional untuk mengelola 2 hotel yang diambil alih Pemprov NTT tersebut.

    “Ketika membentuk anak perusahaan maka beban keuangan seperti biaya operasional, gaji/tunjangan, bahkan bonus-bonus juga akan semakin besar.  Jadi cukup bentuk 1 unit/bagian di dalam PT. Flobamor. Tak perlu sampai bentuk anak perusahan baru. Kalau perusahaan induk saja tidak pernah untung, apakah anak perusahaannya bisa untung?” kritik Lelo.

    Selain itu, lanjut Lelo, pembentukan PT. Flobamor Bangkit Sejahtera tidak melalui pembahasan dan persetujuan DPRD NTT. “Yang disayangkan, pendirian PT. Flobamor Bangkit Internasional tanpa minta persetujuan DPRD NTT sebagai lembaga. Tiba-tiba langsung bentuk tanpa dikaji kelayakannya,” ungkapnya.

    Padahal sesuai UU Nomor 23 tahun 2014, papar Lelo, pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) harus mendapat persetujuan DPRD.  “Karena dalam UU Nomor 23 tahun 2014, sangat jelas di situ bahwa untuk mendirikan sebuah BUMD harus mendapat persetujuan DPRD NTT tapi didahului dengan analisis kelayakan investasi,” tandasnya.

    Hal itu, lanjut Lelo, harus menjadi catatan penting dan kritis bagi Pemprov NTT. “Bahwa ketika membentuk perusahaan daerah baru harus melalui kajian atau analisis kelayakan investasi dan mendapat persetujuan dari lembaga DPRD.  Ini sudah sangat jelas dalam UU Nomor 23 tahun 2014,” tegasnya.

    Dengan demikian, jelas Lelo, ketika dalam perjalanan, terjadi kerugian pada perusahaan daerah maka DPRD NTT juga harus tahu. “Setiap kebijakan dan langkah-langkah yang ditempuh oleh BUMD yang telah dibentuk atau akan dibentuk harus mendapat persetujuan dan sepengetahuan DPRD sebagai kelembagaan,” tegasnya.

    Namun yang Ia sesalkan, kata Lelo, dalam praktek selama ini lembaga DPRD hanya sekedar mendapat laporan. “Proses-proses yang ditempuh, kebijakan perseroan terbatas manajemen PT Flobamor tidak disampaikan kepada DPRD NTT. Minimal diketahui oleh Komisi III yang langsung menangani urusan Perusahaan Daerah yang jadi milik pemprov. Itu yang jadi catatan penting dan kritis bagi pemerintah,” tandasnya.

    Lelo berharap, PT. Flobamor harus benar-benar tumbuh sebagai perusahaan daerah yang maju dengan manajemen yang profesional. “Manajemen harus menganalisis betul setiap tindakan yang diambil demi kepentingan perusahaan. Kalau manajemen tidak profesional, saya berpikir apa yang dicita-citakan dari pembentukan sebuah BUMD yang namanya PT Flobamora untuk berkontribusi terhadap peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) akan sia-sia,” kritiknya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.