• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 04 Agustus 2020

     
    Home   »  Travel
     
    Akropolis, Athena, Yunani
    YOHANES L. BILLY | Minggu, 05 Juli 2020 | 21:15 WIB            #TRAVEL

    Akropolis,
    Dok Web

     

     

    Flobamora.net – Akropolis merupakan ekspresi adaptasi arsitektur terhadap situs alamiah, serangkaian bangunan umum yang didirikan dan dilestarikan di salah satu ruang terbuka yang padat di sekitar wilayah Mediterania.  Komposisi mengagumkan bangunan-bangunan megah yang memiliki keseimbangan sempurna menampilkan lanskap monumental cantik nan unik yang terdiri dari rangkaian karya-karya agung yang lengkap yang berasal dari abad kelima sebelum Masehi. Bangunan-bangunan Akropolis telah menggunakan pengaruh khusus, tidak hanya dalam keunikan Graeco-Romawi, suatu masa di wilayah Mediterania ketika bangunan-bangunan ini dipandang tidak saja sebagai model percontohan, tetapi juga menjadi rujukan bangunan-bangunan jaman sekarang.

    Pada akhir abad kelima sebelum Masehi, orang-orang Athena merayakan kemenangannya terhadap Bangsa Persia dan menumbuhkembangkan demokrasi dengan memiliki posisi terdepan di antara kota-kota negara pada masa purbakala. Setelah itu, sebagaimana filosofi dan seni bertumbuh subur, sekelompok seniman membawa pengaruh rencana-rencana ambisius seorang negarawan suku bangsa Athena bernama Pericles dan di bawah tuntunan inspirasional pemahat Pheidias, mereka mentransformasikan bukit berbatu Akropolis ke dalam seni dan pemikiran monumental yang unik.

    Tahun-tahun antara 447-406 menyaksikan bangunan-bangunan secara berturut-turut mulai dari Parthelon, bangunan utama yang dipersembahkan kepada Athena; Propylae, pintu gerbang monumental ke Akropolis yang dibangun di salah satu pintu masuk benteng-benteng raja kuno; benteng Athena Nike; dan Erechtheion – empat karya agung seni klasik Yunani.

    Bukit suci suku bangsa Athena dilindungi sepanjang periode dominasi Romawi sampai serangan suku bangsa Herulian pada tahun 267 setelah Masehi. Sejak itu dan walaupun melewati masa-masa tenang yang relatif panjang, bangunan-bangunan ini mengalami kerusakan banyak kali.

    Suku bangsa Byzantin mengubah kuil-kuil ini menjadi gereja dan memindahkan harta-harta seni mereka ke Konstantinopel. Setelah kejatuhan kekaisaran Byzantin pada tahun 1204, suku bangsa Athena jatuh dalam tangan kuasa tuan-tuan Frankish yang tidak memberikan perhatian kepada peninggalan-peninggalan arsitektur dan seni. Pada waktu bangsa Turki mengambil alih Akropolis pada tahun 1456, salah satu kuilnya dijadikan masjid dan Erechtheion menjadi tempat selir bagi gubernur berkebangsaan Turki.

    Pada tahun 1687, angkatan perang Venesia mengepung Akropolis dan meledakkan Parthenon. Akhirnya pada abad kesembilanbelas, ambasador Britania menjarah batu pualam yang kemudian disimpan di Museum Britania sejak tahun 1815.

    Akropolis Athena dan bangunan-bangunannya adalah simbol universal semangat dan peradaban klasik dan membentuk kompleks arsitektur dan artisitik Yunani yang antik.

    Akropolis terletak di tanjung berbatu dengan ketinggian 165 meter di atas lembah Ilissos dan memiliki luas wilayah kurang dari 30.000 meter persegi. Sejak milenium ketiga sebelum Masehi, Akropolis merupakan benteng yang melindungi tempat-tempat persembayangan dan istana-istana kerajaan.

    Akropolis sekarang menjadi tempat percobaan teknik konservasi inovasi ruang terbuka yang ditujukan untuk melindungi wilayah-wilayah batu pualam yang rusak oleh polusi.


     


    Sumber: Unesco the World`s Heritage 2011 P 282
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.