• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 27 Januari 2022

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Bank NTT Launching Kredit Mikro Merdeka Bunga 0 Persen
    HERMEN JAWA | Jumat, 17 Juli 2020 | 20:05 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Bank
    Para penerima Kredit Mikro Merdeka

     

     

    KUPANG,FLOBAMORA.NET- Bank NTT melaunching Kredit Mikro Merdeka dengan bunga 0 %  bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-58 bank tersebut.

    Penandatanganan Kredit Merdeka (kredit mikro, red) dengan 25 pelaku usaha mikro, dilaksanakan saat puncak perayaan HUT ke-58 Bank NTT di Kantor Pusat, Jalan W.J Lalamentik, Jumat (17/7/2020) petang.

    Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Bank NTT, Harry Alex Riwu Kaho mengatakan,  pinjaman bunga 0 % ini sesuai dengan Program Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat untuk memberantas para rentenir (pemberi pinjaman pinjaman uang tidak resmi atau resmi dengan bunga sangat tinggi, red) dan menyusahkan masyarakat, khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di NTT. Program Pinjaman Bunga 0% Bank NTT itu diterjemahkan sebagai bagian dari fungsi intermediasi Bank NTT.

    “Ini sudah mendapat persetujuandari Badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pemprov NTT melalui badan keuangan dan Dinas-Dinas seperti dinas pertanian dan dinas peternakan. Bahkan kami uat suatu skim namanya Skim Kredit Merdeka. Jadi merdeka dari rentenir dan merdeka dari agunan, itu alasan kita sebut bunga 0 %,” ujarnya.

    Sesuai permintaan OJK, lanjut Riwu Kaho, Bank NTT siapkan Skim yang mudah dan murah serta cepat. Mudah karena pelaku UMKM tidak perlu datang ke Kantor (ke Kantor Bank NTT, red) dan syaratnya mudah; harus ada usaha, ada KTP dan ada KK.

    “Kita pastikan peminjam butuh modal berapa, dan langsung diverifiakasi di tempat dan langsung dibuatkan dan ditandatangani akat kreditnya. Sedangkan cepat, yakni setelah melakukan uji coba, pihak peminjam hanya butuh waktu satu jam untuk bisa realisasi pinjaman,” katanya.

    Menurutnya, ada bonus tambahan dari Bank NTT, setiap pelaku UMKM diberi perlindungan/jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek). “Kredit ini mendapat dukungan dari Jamkrida untuk menjamin kredit dan jaminan mitigasi bilamana kreditnya macet,” paparnya.

    Riwu Kaho menambahkan, besaran kredit paling tinggi Rp. 5.000.000, Penanganan teknis sudah kita siapkan. Kami tidak hanya kasih kredit dan bayar angsuran, tetapi kita juga mengajari pelaku UMKM (peminjam, red) dengan menjemput setoran tabungan. Misalnya kreditnya Rp 2,000,000, setiap hari dia stor Rp.5000. Dengan demikian, peminjam dapat dengan bijaksana pakai modal yang diberikan/dipinjamkan.

    Selain itu, program lain yang sudah dilaunching Bank NTT antara lain tabungan pesiar kerja sama dengan BI, market link dengn UMKM. “Kami  pindah dari pelayanan konvensional ke elektronik/digital dengan tujuan memudahkan orang akses ke Bank," jelasnya.

    Pihaknya juga sudah melaunching Customer Onboarding (COB) dan nasabah bisa melakukan pinjaman melalui media itu. Lalu ada Loan Organizing Sistem, membantu supaya proses kredit kita berbasis elektronifikasi." Semuanya membantu kami  ke depan sehingga  lebih efisien dan efektif dalam penggunaan jumlah tenaga kerja,” imbuhnya.***


     
    Editor       :   Albert Rehi
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2022 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.