• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 25 September 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Julie Laiskodat Mengapresiasi Prestasi Atlet Disabilitas NTT
    ALBERT VINCENT REHI | Rabu, 05 Agustus 2020 | 19:06 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Julie
    Foto bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat

     

     

    KUPANG,FLOBAMORA.NET-Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTT, Julie Sutrisno LaKiskodat mengapresiasi prestasi yang dicapai atlet penyandang disabilitas yang telah mengharumkan nama daerah ini di tingkat nasional, regional dan internasional.

    Apresiasiasi itu disampaikan Bunda Julie saat menggelar silaturahmi dengan pengurus National Partalympic Committee Indonesia (NPCI) Nusa Tenggara Timur, para atlet disabilitas berprestasi serta Kadis Pemuda dan Olahraga NTT di Kupang, Rabu (5/8/2020).

    Menurutnya, pemerintah daerah perlu memperhatikan keberadaan para atlet tersebut, meski dengan berbagai keterbatasan mampu mengukir prestasi yang sangat luar biasa.

    “ Ke depan, kita menghendaki banyak atlet disibalitas yang berprestasi, demi mengangkat harkat dan martabat kaum disablitas serta nama daerah ini,” katanya.

    Ia mengatakan, selama ini banyak orang hanya memandang sebelah mata keberadaan kaum disabilitas. Namun, dengan prestasi yang tidak kalah dari orang normal, para atlet telah membuktikan dirinya jika kaum disabilitas bisa erbuat sesuatu untuk daerah ini.

    Julie yang juga anggota DPR RI ini menyatakan komitmennya untuk memperhatikan perkembangan olahraga penyandang disabilitas di NTT, lantaran selama ini cenderung diabaikan atau kurang diperhatikan.

    “Saya justru melihat, dibalik keterbatasan ada sisi positif yang bisa disumbangkan penyandang disabilitas bagi daerah ini, tidak saja di bidang olahraga tetapi juiga di bidang kehidupan lainnya,” ujarnya.

    Kesempatan itu, ia meminta Kadispora NTT Hildegardis Bria Seran dan jajarannya serta pengurus NPCI untuk menyusun grand desain pembinaan olahraga disabilitas mulai  dari sumber daya manusia, cabang olahraga prioritas dan fasilitas pendukung.

    Sementara itu, Kadispora NTT, Hildegardis Bria Seran mengatakan, pihaknya juga memberikan perhatian terhadap pembangunan olahraga disabilitas di daerah ini.

    “Dispora tiap dua tahun sekali mengiirim atlet junior atau pelajar ke ajang Pekan Paralyimpic Pelajar Nasional (Peparpenas) dan selalu menggelar Pekan Paralympic Pelajar Daerah (Peparpeda), untuk menjaring atlet muda berprestasi,” jelasnya.

    Ia mengakui adanya kendala fasilitas pendukung yang bisa digunakan atlet penyandang disabilitas, sehingga harus berbagi dengan atlet normal dalam menggunakan fasilitas yang ada seperi lintasan atletik di Stadion Oepoi,Kupang.

    Sebelumnya, Ketua NPCI NTT, Viktor Halengki Haning memberikan gambaran seputar keberadaan organisasi olahraga penyandang disabilitas di daerah ini, yang resmi berdiri sendiri sejak tahun 2015 dan tepisah dari KONI yang selama ini memayunginya.

    “Kami akui, awalnya kami sulit mendapatkan atlet. Ini lataran tidak semua penyandang disbilitas mau menjadi atlet atau ada yang merasa minder dengan keterbatasannya,” papar Viktor.

    Dengan keterbatasan dan tertatih-tatih, sambungnya, NPC NTT membuktikan kehadirannya sebagai rumah bersama pembinaan olahraga disabilitas dengan menorehkan prestasi yang tidak kalah dari altet normal. Hal ini dibuktikan dengan raihan lima medali emas, tiga medali perak dan tiga medali perunggu di ajang Peparnas Tahun 2016 di Bandung,Jawa Barat.

    Ia juga menyatakan kebanggaannya terhadap prestasi yang diraih salah satu atlet NPCI NTT, Felipus Kolimau, di tingkat nasional, regional Asia Tenggara dan tingkat Asia.

    “Jujur, Felipus kami jadikan sebagai role model atlet disabilitas di NTT. Tujuannya, memotivasi atlet disabilitas lainnya untuk bisa berprestasi meski dengan keterbatasan yang  mereka miliki,” tuturnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.