• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 28 November 2020

     
    Home   »  Siapa & Siapa
     
    Munculnya Alfabet - Salah Satu Ide yang Mengubah Dunia
    YOHANES L. BILLY | Jumat, 07 Agustus 2020 | 16:21 WIB            #SIAPA & SIAPA

    Munculnya
    Dok Web - Tulisan kuno berbentuk baji

     

     

    Flobamora.net – Para ilmuwan tidak dapat mengatakan secara pasti kapan pertama sekali manusia mulai menggunakan bahasa yang berbeda-beda, walaupun demikian kaum cendekiawan bisa dengan lebih yakin mengatakan kapan awal mula komunikasi tertulis terjadi dalam bentuk alfabet. Tentu, ada serangkaian alfabet yang membuat kepala sakit.

    Bangsa Tionghoa memulai komunikasi tulisan dengan menggunakan piktogram yaitu dengan menggunakan gambar sebagai kata-kata sekitar 5000 tahun sebelum Masehi. Komunikasi tulisan juga ditemukan di Mesir; bangsa Mesir menggunakan hiroglif yang merupakan kombinasi karakter dan gambar. Tahun tertua yang diketahui tentang alfabet bangsa Mesir adalah antara tahun 3400 sampai dengan sekitar 3200 tahun sebelum Masehi.

    Tidak seperti hiroglif, piktogram bangsa Tionghoa bertahan hingga sekarang sebagai sebuah sistem yang hidup. Selain piktogram bangsa Tionghoa, alfabet-alfabet lain yang juga masih lestari sampai saat ini ada beberapa, seperti misalnya alfabet Ibrani, Yunani, dan juga huruf-huruf Arab. Disamping itu, ada juga huruf-huruf Persia, turunan dari huruf-huruf Arab, yang masih terjaga dengan baik, dan masih juga terdapat huruf-huruf Urdu dari Pakistan. Huruf-huruf Cyrilik yang berinduk kepada bahasa Yunani digunakan oleh bangsa Rusia dan negara-negera Slavik. Masih ada juga huruf-huruf yang lain seperti huruf-huruf Korea, dan alfabet-alfabet Hindi yang digunakan di India dan sekitarnya.

    Tetapi, sistem alfabet moderen yang paling luas digunakan adalah huruf-huruf Latin, sebuah sistem alfabet yang digunakan oleh bangsa Inggris dan dunia Barat. Huruf-huruf Latin adalah sistem alfabet yang awal mula diketemukan di Sumer kuno, sebuah peradaban Mesopotamia yang sekitar sebelum tahun 3400 sebelum Masehi mengembangkan tulisan kuno berbentuk baji, sebuah sistem piktograf yang dibuat dengan tanda-tanda runcing berbentuk baji dan ditempelkan pada tablet-tablet tanah liat. Namun, “huruf-huruf” awal sistem tulisan kuno ini sering mengidentifikasi kata-kata atau ide-ide, bukan bunyi seperti alfabet masa kini. Bangsa Phoenisia lah yang mengambil langkah terakhir. Bangsa Phoenisia adalah para pedagang yang mendiami daerah yang sekarang dikenal dengan nama Libanon; mereka mengadaptasi tulisan-tulisan kuno berbentuk baji itu dengan mereduksi jumlah piktograf sampai pada bentuk yang akhirnya dikenal sebagai huruf. Sekitar tahun 1000 sebelum Masehi, orang-orang Phoenisia bertemu dengan orang-orang Yunani kuno yang kemudian menyerap dan mengadaptasi alfabet-lafabet orang Phoenisia dan memberikannya nama, yang dikembangkan dari dua huruf pertama alfabet Yunani – alfa dan beta. Bangsa Yunani meneruskannya kepada orang Etruscan, yang selanjutnya membawanya ke bangsa Romawi, dan kemudian mewariskanya kepada kita semua.


     


    Sumber: TIME-100 Ideas that Changed the World, 2010, P 15
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.