• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 16 Januari 2021

     
    Home   »  Nasional
     
    Pemerintah Bangun RSUP di Kota Kupang
    ALBERT VINCENT REHI | Kamis, 03 Desember 2020 | 20:15 WIB            #NASIONAL

    Pemerintah
    Maket Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kota Kupang foto dari Timex

     

     

    KUPANG,FLOBAMORA.NET-Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan membangun Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) bertaraf internasional di Kota Kupang. Proyek rumah sakit rujukan terbesar di NTT ini bernilai Rp 350 miliar.

    Mulainya pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto, didampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melki Lakalena, Wakil Gubernur NTT, Josef A.Nae Soi, di Kelurahan Manulai II, Kecamatan Alak, Kota Kupang.Kamis (3/12/20).

    Dalam sambutannya, Menkes, memberi apresiasi kepada Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kota Kupang yang selama ini telah memberikan dukungan dan komitmen untuk kehadiran RSUP di NTT, termasuk penyediaan lahan yang potensial. Apalagi di lokasi RSUP ada sumber mata air. Karena air menjadi syarat utama untuk pelayanan kesehatan bagi pasien.

    Menkes berharap dukungan Pemprov dan Pemkot terus berlanjut. “Kami yakin RSUP ini akan menjadi kebanggaan masyarakat NTT,” katanya.

    Menurut dia, salah satu dukungan yang diharapkan dari Pemda adalah revitalisasi jalan di sekitar RSUP. Karena disekitar RSUP akan tumbuh perekonomian yang cepat.

    Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena yang turut hadir dalam acara peletakan batu pertama menyampaikan terima kasih kepada Menkes yang telah serius mengurus kesehatan di Indonesia termasuk mewujudkan mimpi besar membangun RSUP di gerbang selatan NKRI, yakni di Provinsi NTT.

    Dia berharap kehadiran RSUP bisa jadi berkat bagi masyarakat NTT.

    Wakil Gubernur, Josef A. Nae Soi pada kesempatan yang sama mengakui NTT sangat membutuhkan rumah sakit sekelas ini.

    Atas nama masyarakat NTT, Wagub pun menyampaikan terima kasih kepada Menteri Kesehatan dan Komisi IX DPR RI yang sudah memperjuangkan pembangunan RSUP.

    Menurutnya pembangunan di bidang kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional.

    “Adanya pandemi covid mendorong kita untuk masuk ke peradaban baru. Peletakan batu pertama RSUP ini merupakan langkah awal menyesuaian waktu yang berubah tersebut. Karena waktu berubah, maka kita juga harus berubah,” ujarnya.

    Direktur Jenderal (Dirjen)  Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Prof. Dr. dr. Abdul Kadir dalam laporannya menyampaikan, nilai pekerjaan fisik pembangunan gedung RS UPT Vertikal di NTT ini senilai Rp 350,2 miliar yang sumber pembiayaannya berasal dari pinjaman Bank Dunia.

    Lahan yang disiapkan Pemprov NTT untuk pembangunan ini seluas 18 hektar yang akan digunakan untuk gedung utama, areal terbuka hijau, asrama, sarana pendidikan dan pelatihan serta rumah dinas.

    Untuk tahap pertama akan dibangun di atas lahan seluas 26.500 meter persegi, dengan 212 tempat tidur serta dilengkapi dengan sarana pra sarana yang modern.

    Rencananya proyek pembangunan RSUP ini akan selesai dalam 20 bulan, terhitung sejak Desember 2020 hingga Juli 2022 mendatang.

    “Diharapkan  paling lambat pertengahan tahun 2022 RSUP ini sudah beroperasi,” pungkasnya.***


     


    Sumber: Humas Pemprov NTT




    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.