Warning: ob_start(): output handler 'ob_gzhandler' conflicts with 'zlib output compression' in /home/flobamor/public_html/media.php on line 2
Daftar Pemilih Khusus Pileg Tambah 33. 398 Orang


  • LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 24 Februari 2019

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    Daftar Pemilih Khusus Pileg Tambah 33. 398 Orang
    RISKY R | Sabtu, 22 Maret 2014 | 08:21 WIB            #PEMILU

    Daftar
    Juru Bicara KPU NTT, Maryanti L.Adoe

     
    Kupang, Flobamora.net - Penyempurnaan yang dilakukan terhadap daftar pemilih tetap (DPT) pemilu legislatif (Pileg) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memperlihatkan terjadinya penambahan daftar pemilih khusus (DPK) sebanyak 33. 398 pemilih.

    "Dari jumlah tersebut , Kabupaten Manggarai Timur dan Belu yang belum memasukan DPK," kata juru bicara KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe di Kupang, Sabtu (22/3).
     
    Menurutnya, jumlah DPK itu lebih banyak terdapat di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yakni 7. 298 pemilih, disusul Kota Kupang sebanyak 5. 626 pemilih . Sedangkan kabupaten lainnya berada dibawa angka 2. 000 pemilih. KPU masih mengakomodasi DPK hingga 26 Maret mendatang. KPU selanjutnya akan menggelar pleno akhir penetapan DPK antara tanggal 30 atau 31 Maret 2014.

    “Pada saat itu, kita akan mengetahui jumlah pasti DPT pileg setelah ditambah DPK dan DPK tambahan,” ujarnya.
     
    Tentang apakah pemilih yang asauk DPK masih bisa menggunakan hak suaranya sementara surat suara sudah dicetak sesuai DPT yang telah ditetapkan pada Januari lalu, dia mengatakan, masih dimungkinkan.

    Kata dia, surat suara yang telah dicetak sesuai dengan jumlah DPT yakni 3. 094. 988 pemilih ditambah dua persen. Sehingga jumlah surat suara yang diberikan ke setiap tempat pemungutan suara (TPS) pun sesuai dengan jumlah DPT pada TPS bersangkutan ditambah dua persen.

    “Memang tidak ada alokasi surat suara untuk DPK dan DPK tambahan, tapi melihat pengalaman partisipasi pemilih pada setiap pemilu, kita yakini mereka bisa menggunakan hak suaranya,” katanya.
     
    Berkaitan dengan hal ini, lanjutnya, panitia pemungutan suara (PPS) harus mobile ke semua TPS di wilayah kerjanya. Ini untuk memastikan berapa jumlah surat suara yang belum digunakan. Dengan demikian, para pemilih khusus ini bisa menggunakan hak suaranya di TPS yang masih memiliki surat suara yang belum digunakan tersebut.

    Dia menyatakan, sebenarnya jumlah DPK yang masih diperkirakan adalah sebanyak 21. 756 pemilih. Pasalnya, dari DPT yang telah ditetapkan sebanyak 3. 094. 988 pemilih, setelah dilakukan penyempurnaan terjadi pengurangan sebanyak 11. 642 pemilih.

    "Pengurangan ini terjadi karena meninggal dunia, data ganda pindah domisili, dibawah umur, tidak dikenal, beralih status ke TNI/Polri, dan hilang ingatan," tambahnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.