• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 19 Oktober 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Kemenhub Setujui Pembangunan Terminal Internasional di Kupang
    RISKY R | Senin, 24 Maret 2014 | 12:08 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Kemenhub
    Kota Kupang

     
    Kupang, Flobamora.net - Kementerian Perhubungan RI telah menyetujui pembangunan terminal tipe A berskala internasional di Kota Kupang, ibu kota Provinis Nusa Tenggara Timur yang merupakan satu jalur daratan dengan Timor Leste.

    "Persetujuan itu setelah Pemerintah Kota Kupang menyampaikan sejumlah dokumen dan data pendukung pelaksanaan pembangunan terminal tipe A berskala internasional tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang Jefry Pelt di Kupang, Senin (24/3).

    Sejumlah dokumen pendukung yang sudah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan RI dalam kaitan dengan pembangunan terminal yang berlokasi di batas wilayah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang dengan luas lahan tiga hektare itu.

    "Dokumen itu antara lain dokumen detail disain (detailed engineering desaign atau DED), analisis dampak lingkungan dan lalu lintas (AMDAL Lalin), pernyataan kesiapan tanah dari Pemerintah Kota Kupang, serta pelepasan hak atas tanah untuk pelaksanaan pembangunan terminal itu," papar dia.

    Dengan sejumlah dokumen pendukung awal itu, Pemerintah Kota Kupang akhirnya diberikan persetujuan untuk segera mempersiapkan pelasanaan proyek pembangunan terminal yang akan melayani sejumlah angkutan di sepanjang Pulau Timor, termasuk ke Timor Leste.

    Jefry mengatakan untuk memperkuat operasionalisasi terminal yang akan menjadi sentra kendaraan dari luar kota, angkutan kota dalam provinsi (AKDP), dan angkutan pedesaan, serta angkutan perbatasan, maka Pemerintah Kota Kupang akan membenahi sejumlah terminal darat penyanggah di sejumlah titik daerah itu.

    Misalnya, kata dia, terminal Belo di bagian selatan Kota Kupang, akan mendukung pelayanan kendaraan rute selatan dari Kabupaten Kupang yang masuk ke Kota Kupang.

    "Semua kendaraan dari Kabupaten Kupang (angkutan pedesaan) wilayah selatan, akan berhenti di terminal ini dan akan dilayani oleh kendaraan angkutan kota yang beroperasi di Kota Kupang," katanya.

    Terminal Oebobo yang selama ini melayani rute AKDP dan sebagian angkutan kota, katanya, tetap dipertahankan, namun hanya untuk kendaraan angkutan kota rute, tertentu.

    "AKDP akan berada di terminal tipe A berstandar internasional," katanya.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.