• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 19 Oktober 2019

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    KPU Ajak Pemilih Pemula Ikut Memilih
    RISKY R | Selasa, 25 Maret 2014 | 11:20 WIB            #PEMILU

    KPU
    Ketua KPU NTT, Johanes Depa

     
    Kupang, Flobamora.net - Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Timur, terus mengajak pemilih pemula di daerah itu untuk ikut memilih pada Pemilu Legislatif 9 April 2014, dengan mendaftarkan diri ke petugas pendaftar pemilih khusus setempat.

    "Sejak awal KPU intens melakukan sosialisasi dengan sasaran utama pemilih pemula yang potensial bekerjasama dengan Sekolah-sekolah menengah atas dan kejuruan, Forum Rektor, dengan LSM pemantau pemilu dalam menggiatkan pendidikan politik bagi pemilih pemula," kata Ketua KPU NTT, Johanes Depa, di Kupang, Selasa (25/3).

    Dia mengatakan hal itu terkait ajakan terhadap pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu, baik legislatif April maupun pemilihan presiden pada September 2014.

    Meurut dia, pemilih pemula adalah pemilih yang potensial, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas, termasuk memiliki kecerdasan dalam memilih calon yang diinginkan karena diyakini akan mewakil aspirasinya.

    "Ini penting karena seperti diketahui bersama ada tiga macam tingkat kecerdasan dalam memilih, yakni kecerdasan emosional, spritual dan intelektual," katanya.

    Depa yang sudah tiga periode bergabung dengan KPU melaksanakan Pemilu itu mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi pemilih pemula adalah tidak mengenal latar belakang dan profil para kandidat.

    "Saat memilih tidak tertutup kemungkinan para pemilih pemula asal pilih ataupun golput, karena tidak mengetahui dan mengenal dengan persis caleg yang ada," katanya.

    Sehingga, informasi-informasi melalui sosialisasi dipakai sebagai sarana agar pemilih pemula memiliki gambaran mengenai calon yang akan dipilihnya.

    Dia menyebut data secara nasional dalam daftar pemilih sementara (karena DPT Khusus sedang dibuka) tercatat jumlah pemilih pemula mencapai 14 juta jiwa dengan kategori usia 17 sampai 20 tahun ada 14 juta dan usia 20-30 ada 45,6 juta.

    "Pemilih pemula mayoritas memiliki rentang usia 17-21 tahun, kecuali karena telah menikah. Dan, mayoritas pemilih pemula adalah pelajar (SMA), mahasiswa, dan pekerja muda," ujarnya.

    Pada Pemilu 2004 ada 50.054.460 juta pemilih pemula dari jumlah 147.219 juta jiwa pemilih dalam pemilu. Jumlah itu mencapai 34 persen dari keseluruhan pemilih dalam pemilu.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.