• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 27 November 2021

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Pengungsi Palue Direlokasi ke Maumere
    VICKY DA GOMEZ | Kamis, 27 Maret 2014 | 18:55 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Pengungsi
    Erikson Ware

     

     
    Maumere, Flobamora.net - Puluhan pengungsi erupsi Gunung Roaktenda dari Kecamatan Palue yang selama ini dievakuasi ke Ropa Kabupaten Ende, Kamis (27/3) sore tadi direlokasi ke Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka.Mereka menggunakan empat buah truk bak terbuka dan sebuah kendaraan operasional milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka.
                
    Proses relokasi dari Ropa ini langsung dipimpin oleh Sekretaris BPBD Kabupaten Sikka Bari Fernandez. Camat Palue Frederikus Henriquez, sejumlah  staf BPBD Kabupaten Sikka dan relawan ikut mendampingi proses evakuasi.
                
    Erikson Ware, salah satu pengungsi mengatakan sudah satu tahun lebih mereka berada di Ropa. Selama rentang waktu itu mereka menempati tanah misi, dan diurus oleh Pemerintah Kabupaten Ende dan Caritas Ende.
                
    “Beberapa bulan terakhir ini kami sudah tidak dapat bantuan logistik lagi. Lalu kami diminta oleh Caritas Ende untuk sampai akhir Maret ini harus mengosongkan lahan yang kami tinggal selama ini. Akhirnya kami koordinasi dengan BPBD Sikka, dan hari ini dievakuasi ke sini,” jelas Ware.
                
    Menurutnya, pengungsi Palue masih banyak yang tinggal di Ropa. Sebagian besar mereka sudah memiliki lahan. Ada lahan yang diberikan oleh mosalaki setempat, ada juga yang membeli tanah dari warga setempat.
                
    Dia bersama kawan-kawan pengungsi yang kini pulang ke Maumere, semuanya tidak memiliki lahan. Praktis selama ini mereka tidak bisa beraktiftas. Keseharian hidup mereka hanya bersandar pada logistik bantuan Pemkab Ende dan Caritas Ende.
                
    Sekretaris BPBD Sikka Bari Fernandez yang ditemui di bekas Kantor Bupati Sikka, menjelaskan, pihaknya memfasilitasi kemauan pengungsi untuk direlokasi ke Maumere. Para pengungsi ini akan dilokalisir pada dua lokasi pengungsian yakni di bekas Kantor Bupati Sikka dan Kantor Transito Maumere.
                
    Menjawab Flobamora.net,apakah relokasi pengungsi dari Ropa ke Maumere ini terkait Pemilihan Umum Legislatif 2014 mendatang, Bari Fernandez mengatakan sama sekali tidak ada kaitan dengan kegiatan politik. Menurut dia, relokasi ini benar-benar inisiatif dari pengungsi sendiri.
                
    Data yang diterima dari Bari Fernandez, pengungsi yang pulang ke Maumere ini sebanyak 31 kepala keluarga atau 93 jiwa. Sebelumnya pada beberapa hari yang lalu sebanyak lima kepala keluarga atau 16 jiwa telah lebih dulu pulang ke Maumere. Mereka ini untuk sementara tinggal di rumah-rumah keluarga. ***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.