• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 25 Oktober 2021

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Alor Fokus Kembangkan Pariwisata dan Perikanan
    ALBERTO | Sabtu, 29 Maret 2014 | 11:23 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Alor
    Bupati Alor, Amon Djobo

     

     
    Kupang, Flobamora.net - Pemerintah Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) lima tahun ke depan akan fokus mengembangkan sektor pariwisata serta Perikanan dan Kelautan yang menjadi titik kuat pengembangan ekonomi daerah.

    Bupati Alor, Amon Djobo, yang ditemui di Kupang, Sabtu (29/3) mengatakan, lima tahun silam perkembangan pariwisata Alor cenderung redup. Itu lantaran Expo Alor yang selama ini menjadi ajang promosi pariwisata sudah tidak diselenggarakan lagi.

    "Mulai tahun ini, saya akan menghidupkan lagi Expo Alor. Kegiatan ini membawa manfaat sangat besar. Karena, satu daerah bisa dikenal luas jika protensi pariwisata yang dimiliki diperkenalkan atau dipromosikan dengan baik," katanya.

    Menurutnya, potensi wisata Kabupaten Kenari itu sangat besar. Wisata Bahari misalnya. Perairan Alor memiliki sekitar 7 - 12 titik diving bertaraf internasional. Bahkan, beberapa penyelam menyebutkan Taman Laut Alor terindah di dunia.  

    Potensi ini, sebutnya, harus dikembangkan secara baik dan dipromosikan lebih  luas agar bisa mengundang kehadiran para wisatawan manca negara untuk datang berkunjung ke Alor. "Alor memang indah, asal kita pandai menikmatinya," imbuhnya.

    Dia menuturkan, pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT, yang mengalokasikan dana melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) untuk foto bawah laut.

    "Perhatian tersebut menjadi pintu masuk bagi kami di Alor untuk melirik sektor pariwisata sebagai titik kuat pengembangan ekonomi daerah bersama pengembangan sektor keluatan dan perikanan," katanya.

    Selain potensi wisata bahari, sambung Amon, potensi wisata budaya juga tidak kalah hebat dimiliki kabupaten Alor. saat ini, Dinas Pariwisata setempat tengah menginventarisir potensi wisata budaya Alor yang juga sangat unik.

    Kata dia, untuk pengembangan parisata selain menghidupkan kembali Expo Alor, juga akan disatukan dengan Alor Carnaval, yang akan diselenggarakan pada setiap Bulan Agustus.

    "Gagasan untuk menggelar Alor Carnaval adalah potensi wisata budaya yang unik dan menarik. Kabupaten Alor sendiri memiliki 13 bahasa daerah. Potensi tersebut akan kami tampilkan dalam Alor Carnaval, sehingga bisa menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung," paparnya.

    Dia menuturkan, potensi lain yang juga akan menjadi perhatian serius pemerintah daerah selama masa kepemimpinannya adalah Sektor Kelautan dan Perikanan. Sektor ini juga cenderung diabaikan lima tahun belakangan. Padahal, potensi perikanan Alor sangat menjanjikan.                  

    Dia menyebutkan, potensi yang dimiliki seperti rumput laut  yang sudah lama dikenal masyarakat daerah itu. Sedangkan potensi perikanan cukup melimpah seperti ikan Tuna, Cakalang, ikan dasar dan ikan permukaan. hanya saja yang jadi masalahnya ada pemasarannya.

    "Dengan akan dihidupkan segitiga pertumbuhan NTT, Timor Leste dan Northern Territory (NT), mudah-mudahan potensi perikanan dan kelautan Alor ikut didongkrak," ucapnya.***

     




    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.