• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 16 Juli 2019

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    Layani Pengungsi Palue, KPU Sikka Pindahkan TPS
    VIDKY DA GOMEZ | Senin, 31 Maret 2014 | 09:53 WIB            #PEMILU

    Layani
    Juru Bicara KPU Sikka, Yohanes K. Fery Soge

     

    Maumere, Flobamora.net - Untuk melayani pemilih asal Kecamatan Palue yang kini berada di pengungsian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka akan memindahkan sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) dari Palue ke lokasi yang aman dalam  wilayah daerah pemilihan (dapil) Sikka 2. Kecamatan Palue masuk dalam dapil Sikka 2 bersama Kecamatan Tanawawo, Paga, Mego, Nita, dan Magepanda.

     

    “Kami baru menerima Surat Edaran (SE) No. 190/KPU/III/2014, Sabtu (29/3) siang. Dalam SE tersebut, KPU memberi penjelasan tentang proses pemungutan suara di wilayah yang tertimpa bencana alam. Salah satu point dalam SE ini menegaskan, KPU Kabupaten dapat memindahkan TPS dari lokasi bencana ke daerah lain yang masih dalam satu daerah pemilihan,” kata juru bicara KPU Sikka Yohanes K. Fery Soge di Maumere, Senin (31/3).

     

    Dija menjelaskan lokasi yang bakal menjadi TPS pindahan dari Palue, saat ini masih dijajaki. Kemungkinan yang paling berpeluang adalah desa-desa di wilayah Kecamatan Magepanda. Kemungkinan lain, TPS dari desa-desa rawan bencana dapat digeser ke desa-desa yang tidak termasuk kategori rawan bencana di Kecamatan Palue. Jumlah TPS yang bakal dipindahkan pun masih dikaji.

     

    Terkait hal ini, lanjut Feri Soge, Ketua KPU Sikka Vinsensius Vivano Bogar sudah bertemu Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera Minggu (30/3) pagi guna berkoordinasi lebih lanjut terkait SE KPU tersebut. Pada kesempatan itu, Ketua KPU Sikka meminta bantuan data tentang desa-desa rawan bencana agar menjadi landasan dalam keputusan KPU Sikka memindahkan atau menggeser TPS ke lokasi yang aman.

     

    Dengan adanya SE KPU ini, maka para pengungsi, terutama dari daerah rawan bencana atau zona merah, tidak perlu kembali ke Palue. Mereka dapat menggunakan hak pilihnya di TPS pindahan yang akan didirikan pada desa-desa dalam wilayah Dapil 2 di pantai utara Flores.   

     

    Selama tiga hari ini, tim KPU Sikka sudah turun ke sejumlah titik penampungan pengungsi Palue untuk sosialisasi tentang pemberian suara pada 9 April 2014. Tanggapan warga pengungsi cukup beragam. Ada yang mau menerima formulir A5 KPU dengan kategori pindah pilih, tetapi ada juga yang menuntut diberi formulir C6.

     

    “Penjelasan KPU Sikka sebelumnya itu sejalan dengan arahan KPU Provinsi NTT yang berpedoman pada ketentuan pasal 8 PKPU Nomor 26 Tahun 2013. Dalam arahan tersebut, kepada pengungsi hanya diberi satu pilihan saja yakni memilih di TPS-TPS sekitar lokasi pengungsian. Dengan adanya SE 190 ini, kami berharap sudah menjawab aspirasi pengungsi untuk memberikan dukungan bagi para caleg di Dapil Sikka 2,” harap Fery.

     

    Sebelumnya, Kepala Desa Nitunglea Kecamatan Palue , Markus Mego mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka untuk mengambil sikap bijak terhadap hak politik pengungsi Palue. Jika mereka harus menggunakan model A5 dalam kategori pindah pilih, dia khawatir kecenderungan golongan putih (golput) akan sangat besar.

     

    Markus Mego menanggapi hal ini menyusul dua opsi yang sedang diberlakukan KPU Sikka terhadap hak politik para pengungsi Palue. Dia ditemui Flobamora.net Kamis (27/3) di lokasi pengungsian di bekas Kantor Bupati Sikka, di sela-sela menerima relokasi 31 kepala keluarga pengungsi  Palue yang selama ini mendiami lokasi pengungsian Ropa di Kabupaten Ende.

     

    Untuk diketahui, pengungsi Paule yang berada di pengungsian sebanyak 1.190 orang. Mereka tersebar di wilayah Kabupaten Sikka sebanyak 551 orang, Kabupaten Ende sebanyak 635 orang dan di Kabupaten Nagekeo sebanyak 4 orang.***

     


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.