• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 02 Desember 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Ende Dapat Formasi Khusus CPNSD 13 Dokter
    ELSA | Senin, 31 Maret 2014 | 14:30 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Ende
    kata Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian Setda Kabupaten.Ende, Yohanis Nislaka,

     

     
    Ende, Flobamora.net - Kementrian PAN dan RB mengalokasikan untuk Kabupaten Ende formasi khusus tenaga dokter tahun 2014 sebanyak 13 orang. Formasi khusus ini dimaksudkan, para dokter yang ingin menjadi CPNSD diberi kesempatan untuk mendaftarkan diri pada Badan Kepegawaian Daerah(BKD) Kabupaten Ende. Formasi khusus bagi tenaga dokter umum dan dokter gigi

     

    “Pengangkatan para dokter ini tidak melewati proses testing sebagaimana formasi umum lainnya, setelah mereka memenuhi persyaratan  khusus yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian pada Setda.Kabupaten Ende, Yohanis Nislaka, Sabtu (29/3).  

     

    Dia menjelaskan, dari hasil pertemuannya di Kementrian PAN dan RB beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa pengangkatan tenaga dokter sebagai CPNSD setelah memenuhi persyaratan khsusus yang telah ditentukan secara nasional.

     

    Persyaratan itu antara lain, tenaga dokter bersangkutan membuat surat pernyataan bertugas hingga pensiun di kota yang dipilih. Jumlah kunjungan pasien yang ditangani selama yang bersangkutan bertugas sebagai dokter PTT pada Puskesmas dengan kriteria tertinggal, sangat terpencil, kepulauan dan daerah perbatasan yang tidak diminati, serta diutamakan bagi putra/putri daerah setempat.

     

    Kesempatan ini, kata dia, bukan menutup kemungkinan bagi sesama saudara yang berasal dari daerah lainnya di Indonesia yang berniat mengabdi bagi masyarakat Kabupaten Ende. Kesempatan bagi mereka tetap terbuka dan dihargai sepenuhnya.

     

    Dia menyebutkan, ketika tiga  persyaratan yang sudah ditetapkan secara nasional dipenuhi oleh tenaga dokter maka secara otomatis mereka diangkat menjadi CPNSD di Kabupaten berkenaan, dalam hal ini Kabupaten Ende.

     

    Lebih lanjut dia mengatakan, formasi yang sudah disediakan oleh Men.PAN dan RB sebanyak 13 orang, ternyata hingga batas akhir pendaftaran pada tanggal 24 Maret 2014, Kabupaten Ende hanya bisa mendapatkan 10 tenaga dokter dan semuanya dokter umum. Diantaranya juga ada tenaga dokter yang bukan putra/putrid daerah.

     

    ” Kita mendapatkan 10 dokter umum. Sedangkan dokter gigi tidak ada satu orangpun yang mendaftar” ujar Nislaka.

     

    Dia menambahkan, untuk Kabupaten Ende, sesuai hasil analisis beban kerja dan analisis jabatan, terdata  dari 24 Puskesmas dan 146 Pustu/Poskesdes yang tersebar di 21 Kecamatan, mengalami kekurangan 38 orang dokter umum dan 17 dokter gigi.

     

    “ Dari formasi khusus yang ada belum bisa menjawabi tuntutan kebutuhan tenaga dokter. Karena yang terdaftar hanya 10 orang” ucapnya.

     

    Kabupaten Ende, katanya lebih lanjut, sudah menetapkan adanya kriteria Puskesmas terpencil, sangat terpencil dan kepulauan yang tidak diminati. Penetapan itu dalam bentuk Keputusan Bupati Ende nomor 304 tahun 2013.

     

    Dengan demikian, tambahnya, Kabupaten Ende masih mengalami kekurangan 20 dokter umum dan 17 dokter gigi untuk memenuhi kebutuhan Puskesmas dan Pustu/Poskesdes yang ada.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.