• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 16 September 2019

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    Pemkot Kupang Siap Salurkan Petugas Linmas Amankan Pemilu
    ALBERTO | Kamis, 03 April 2014 | 12:05 WIB            #PEMILU

    Pemkot
    Walikota Kupang, Jonas Salean

     
    Kupang, Flobamora.net - Pemerintah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur siap menyalurkan petugas pertahanan sipil dan perlindungan masyarakat (Hansip-Linmas) untuk pengamanan pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 jika diminta KPU.

    "Kami memiliki 360 personel Hansip-Linmas, jika KPU membutuhkan untuk mengamanan dalam pemilu nanti, kita siap salurkan," kata Wali Kota Kupang Jonas Salean, Kamis (3/4).

    Dia mengatakan, 360 personel Hansip-Linmas yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Kupang, dipersiapkan untuk menjalankan tugas dan fungsi pengamanan masyarakat di lingkungan dalam pola sistem keamanan lingkungan (Siskamling) yang mulai digalakan Pemerintah Kota Kupang, untuk kepentingan keamanan dan kenyamanan hidup masyarakat daerah ini.

    Namun demikian, kata dia, Pemerintah Kota Kupang siap menyalurkan personel Hansip-Linmas itu, kepada KPU untuk kepentingan pengamanan pemilu legislatif mendatang, jika memang penyelenggara membutuhkan tenaga tersebut.

    Hal ini, lanjut mantan Sekretaris Daerah Kota Kupang itu, berkaitan dengan alokasi anggaran pelaksanaan tugas dan fungsi Hansip-Linmas saat hari pencoblosan, karena pemerintah tidak lagi menyediakan anggaran untuk tugas dan fungsi itu.

    Kondisi itu, lanjut Jonas, berdasarkan Edaran Menteri Dalam Negeri RI yang melarang penggunaan dana APBD bagi kepentingan pembayaran pengamanan oleh Hansip-Linmas saat pemilu.

    "Edaran itulah yang membatasi pemerintah untuk menyediakan Hansip-Linmas untuk pengamanan di TPS saat pemilu nanti," kata Jonas.

    "Jadi jika memang KPU merasa membutuhkan Hansip-Linmas kita siap salurkan. Hingga saat ini belum permohonan bantuan Hansip-Linmas dari KPU," katanya.

    Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang Lodowyk Frederik, terpisah mengatakan, penyelenggara telah menyediakan anggaran untuk penyertaan dua personel Hansip-Linmas di 895 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kota Kupang, untuk mengamankan pemilu legislatif 9 April mendatang.

    Hal itu, lanjut dia, sebagai pelaksana perintah Peraturan KPU nomor 5 tahun 2014 yang pemberlakukannya pada 24 Maret 2014 lalu, dengan mengharuskan dua personel anggota panitia kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) di setiap TPS, harus berasal dari Hansip-Linma untuk pengamanan.

    Dua petugas KPPS masing-masing KPPS (4) dan (7), sesuai peraturan KPU itu akan berada di posisi pintu masuk TPS dan pintu keluar. Ini diwajibkan untuk menjaga suasana keamanan dan ketertiban saat penyelenggaraan berlangsung.

    Karena menurut Lodowyk, aparat kepolisian, hanya bertugas memantau dan mengawal, tanpa harus terlibat terlalau jauh di teknis pelaksanaan di setiap TPS, PPS dan PPK serta di KPU saat pleno penetapan nanti.

    Dia juga mengaku untuk kepentingan pengamanan di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) saat penyaluran kotak suara dan pengembalian kotak suara pascapencoblosan, KPU akan meminta Pemerintah Kota Kupang untuk melibatkan masing-masing satu personel untuk pengamanan.

    "KPU berharap Pemerintah Kota Kupang bisa menyediakan personel tambahan untuk di PPS dan PPK nanti," katanya.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.