• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 26 Agustus 2019

     

     
    Home   »  Travel
     
    Mosi-oa-Tunya / Air Terjun Victoria, Zambia dan Zimbabwe
    YOHANES LANGGAR BILLY | Sabtu, 05 April 2014 | 01:10 WIB            #TRAVEL

    Mosi-oa-Tunya
    Dok Web - Victoria Falls - Situs Warisan Dunia

     

    Flobamora.net - Air Terjun Victoria adalah satu dari air-air terjun yang menakjubkan di dunia. Sungai Zambezi, yang lebarnya lebih dari 2 km pada titik ini, seperti yang terlihat pada foto di atas, menimbulkan suara gaduh deburan air yang luar biasa pada serangkaian lembah sempit dan dalam, penuh bebatuan hitam serta menghasilkan kabut berpelangi yang dapat disaksikan sejauh lebih dari 20 km.

     

     Dok Web

     

     Dok Web

    Air terjun dan lembah-lembah sempit yang dalam tersebut merupakan contoh mencolok kekuatan erosif air yang masih terus mengikis bebatuan padat keras yang diterpanya. Kompleks area konservasi di Zimbabwe meliputi lebih dari 18.500 km2 tidak termasuk hutan-hutan lindung. Mosi-oa-Tunya atau Taman Nasional Air Terjun Victoria ini bersinggungan dengan Hutan Lindung Dambwa di Zambia. Air-air terjunnya merupakan ciri utama penting dari Taman Nasional ini, dan bila sedang terjadi banjir besar (biasanya Februari atau Maret), air-air banjir ini membentuk gulungan air terjun terbesar di dunia. Selama bulan-bulan ini terdapat lebih dari 500 juta liter air per menit dalam air terjunnya, sekitar 1708 m lebar dengan ketinggian 99 m pada Air Terjun Pelangi / Rainbow Falls di bagian Zambia. Pada November aliran air berkurang menjadi sekitar 10 juta liter per menit dan aliran sungainya terbagi-bagi dan membentuk banyak air terjun yang terpisah-pisah.

     

     

     Dok Web

     

    Tumbuh-tumbuhan yang paling berpengaruh adalah hutan mopane (sejenis pohon berukuran sedang yang tumbuh di tanah berpasir) yang lebat, dengan daerah-daerah kecil berisi hutan yang ditumbuhi pohon-pohon tinggi dan kuat dan pohon miombo (kata Bahasa Swahili untuk Brachystegia, sejenis pohon yang terdiri dari sejumlah spesies) dan juga hutan yang terdapat di tepi-tepi sungai sepanjang Zambezi. Hutan-hutan pinggir sungai yang berada di daerah percikan air terjun secara khusus sangat menarik: ekosistem rapuh dari hutan yang tidak tumbuh secara berkesinambungan dikarenakan endapan lumpur dan pasir yang dibawah oleh air, bergantung pada berlimpahnya air dan kelembaban tinggi hasil dari gulungan semburan air. Ada berbagai macam jenis pohon dan beberapa jenis rumput di hutan ini.

     

    Beberapa kawanan gajah hidup di Taman Nasional Zambezi, kadang-kadang menyeberang ke pulau-pulau terdekat dan gajah-gajah ini juga hidup di Zambia selama musim kering pada waktu tingkat permukaan air rendah. Sekawanan kerbau dan jenis rusa Afrika, juga zebra, warthog (jenis babi Afrika denga dua taring dan berkutil di bagian mukanya), jerapa, babi semak, babi liar Afrika dan semacam kuda Nil sering ditemukan di daerah bagian atas air terjun. Monyet Afrika yang berwarna hijau keabu-abuan, babun (juga monyet Afrika) adalah jenis hewan yang sering dapat disaksikan di sana. Kadang-kadang terlihat juga singa dan harimau. Falkon (sejenis burung elang yang bisa dilatih untuk berburu) berkembang biak di lembah-lembah sempit dan dalam ini, demikian juga burung-burung bangau hitam, elang hitam, elang bertenaga dan burung rajawali.

     

      Dok Web

     

    Air Terjun Victoria membedakan ikan pada bagian atas dan bagian tengah Sungai Zambezi. Ada tiga puluh sembilan jenis ikan pada bagian bawah air terjun.  


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.