• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 20 September 2019

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    Bupati Ende Tenangkan Pemilih
    LEX | Rabu, 09 April 2014 | 17:19 WIB            #PEMILU

    Bupati
    Bupati Ende Saat Memantau Pelaksanaan Pemungutan Suara

     

    Ende, Flobamora.net - Bupati Ende Marselinus YW Petu menenangkan warga di TPS 05 Keluruhan Paupire , Kecamatan Ende Tengah. Bersama dengan Wakil Bupati Ende H.Djafar Achmad , Kapolres Ende AKBP Musni Arifin, Komandan Kodim 1602 Ende, Letkol (kav) Tri Hadoko dan Plt Sekda Sebastianus  Doa Sukadamai mendatangi TPS 05 karena sekitar ratusan pemilih tidak bisa ikut mencoblos lantaran ketiadaan surat suara.

     

    Para pemilih sekitar dua ratus orang tidak bisa ikut memilih karena di TPS yang bersangkutan surat suara tidak tersedia lagi. Warga pemilih yang rata-rata masuk dalam DPT mempertanyakan jumlah surat suara yang ternyata sangat kurang.

     

    Data yang diperoleh dari KPPS di TPS 05 jumlah DPT untuk TPS ini berjumlah 211 orang. Sementara itu DPK berjumlah 265 sehingga total pemilih yang ikut memilih di TPS tersebit berjumlah 476 orang.

     

    Sementara itu, jumlah surat suara sebanyak DPT yakni berjumlah 211 dan di tambah dengan 2,5 persen sehigga jumlah menjadi 215 surat suara. Sementara yang sudah coblos 114 orang sementara 1 surat suara rusak.Sehingga yang tidak ikut memilih padahal mereka sudah terdaftar dalam DPT dan DPK sebanyak265 orang pemilih.

     

    Melihat kondisi ini, para pemilih melakukan prostes keras kepada KPPS di TPS 05 ini. Mereka mempertanyakan pembengkakan pemilih di TPS tersebut padahal mereka masuk dalam DPT namun tidak mendapat surat suara.Kondisi yang menjurus pada keributan akhirnya bisa diredakan ketika Bupati Marsel Petu, dan jajaran Forkompinda datang ke tempat ini. Bersama ketua KPU dan empat komisioner lainnya.

     

    Dalam arahannya Bupati Marsel memberikan pemahaman kepada warga TPS 05. Dia menyebutkan, pada prinsipnya pemerintah mengapresiasi pemilih yang ada di TPS 05 karena bersedia datang untuk ikut memilih. Namun terkait dengan kekurangan surat suara, dirinya mengatkan regulasi sudah menegaskan untuk mengarahakan pemilih yang tidak dapat surat suara ke TPS terdekat.

     

    “Kami akan memfasilisasi jika warga mau. Kalau mau datangkan surat suara ke tempat ini melanggar aturan. Kita akan siapkan kendaraan untuk ke TPS terdekat,” tuturnya.

     

    Sejalan dengan Bupati Marsel, Ketua KPU Ende Florensius Hani Wadhi juga  mengatakan hal yang sama, dirinya berharap agar PPK bisa memencatat warga yang belum memikih untuk diarahkan ke TPS terdekat.

     

    Sementara itu Camat Ende Tengah Ferdy Buang  mengatakan setelah berkoordinasi dengan PPS terdekat bisa dipastikan para pemilih diarahkan ke TPS 11 Keluruhan Kelimutu dimana masih tersedia 110 Surat Suara, sementara di TPs 5 lorong  masjid keluruhan Kelimutu sebnayak 57 suara sementara sisanya masih di komunikasikan.Dirinya meminta agar para pemilih untuk bersabar dan mau untuk di arahakan ke TPS lain.

     

    Di TPS 05 di Kelurahan Rewarangga Selatan Kecamatan Ende Timur juga sempat ada keributan terkait dengan tidak diakomodirnya mereka dalam memilih dengan alasan tidak terdaftar sebelum pukul 13.00 wita. Namun demikian setelah diberikan pengertian sekitar lima orang pemilih bisa memahaminya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.