• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 17 Desember 2018

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    KPU Ende Akui Pelaksanaan Pileg 2014 Rumit
    LEX | Kamis, 10 April 2014 | 14:59 WIB            #PEMILU

    KPU
    KPU

     
    Ende, Flobamora.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende mengakui pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatip (Pileg) 2014 ini cukup rumit. Kerumitan tersebut menyebabkan molornya jadwal tahapan pencoblosan maupun penghitungan surat suara. Apalagi penghitungan Surat Suara di beberapa TPS di Kabupaten Ende hingga  dini hari bahkan sampai hari berikutknya, Kamis (10/4).

    Komisioner KPU Ende, Adolorata Maria da Lopez yang ditemui di kantor KPU Ende, Kamis (10/4). Dia diminta tanggapan terkait pelaksanaan pencoblosan pada Pileg 2014.

    Dia menyebutkan, kerumitan terjadi menyebabkan perubahan jadwal dimana mestinya semua aktivitas pencoblosan harus berhenti pada pukul 13.00 Wita, namun molor hingga semua yang terdaftar mengambil bagian dalam pencoblosan.

    Dia mengatakan, mulai dari proses awal yakni pencoblosan para pemilih sudah dihadapkan dengan lembaran surat suara yang cukup besar. Apalagi dalam Surat suara tidak terdapat gambar para caleg yang ada di kertas suara DPD. Disinilah kerumitan mulai terjadi. Para pemilih harus mencari nama dan partai untuk dicoblos.

    “Butuh waktu yang sangat lama, berkisar antara lima hingga delapan menit.Apalagi sesudah itu dilakukan pelipatan kertas. Itulah yang membuat persoalan lamanya waktu di bilik suara,” sebutnya.

    Dia mengakui berbagai persoalan sempat terjadi terkait dengan kekurangan surat suara namun semuanya sudah bisa diatasi dengan mengarahakan pemulih ke TPS lain di kawasan tersebut.

    Sementara itu Ketua KPU Ende Florentinus Hani Wadhi mengatakan, hingga siang pihaknya belum mendapatkan laporan terkait kekisruhan penyelenggaraan pemilu. Semua persoalan di lapangan sudah diselesaikan termasuk kekurangan surat suara.

    Dia juga mengakui hasil dari penghitungan di TPS belum diterima. “Kita belum terima hasilnya seperti apa, karena hingga sekarang masih di tangan KPPS dan selanjutnya diamankan di kantor desa atau lurah dan selanjuntnya dihantar ke PPK di kecamatan,”ujarnya.
     
    Dia mengatakan,  di tingkat  PPS kotak suara dipastikan harus ada sekitar tanggal 10 april hingga 15 april. Sementara di  PPK sesuai dengan penjadwalan akan dilakukan pleno antara  tanggal 13 April hingga 17 April 2014.

    Sementara untuk tingkat KPU Ende akan digelar antara tanggal 19 April hingga 21 April 2014. Dirinya juga berharap untuk bersabar dalam mengetahui hasil akhir penghitungan surat suara hingga dilakukan Pleno di KPU Ende.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.