• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 16 September 2019

     

     
    Home   »  Gaya Hidup
     
    Kebiasaan Sepele Menjelang Tidur Ini Merusak Mata
    ANA DEA | Kamis, 24 April 2014 | 12:38 WIB            #GAYA HIDUP

    Kebiasaan
    Ilustrasi

     
    Flobamora.net - Karen, seorang eksekutif muda yang masih berusia 29 tahun mendatangi dokter mata. Ia mengeluhkan penglihatannya semakin kabur dari hari ke hari. Setelah ditelusuri, sejak SMA hingga sekarang ia kerap menghabiskan waktu sebelum tidur untuk membaca novel favoritnya. Apa yang salah ya?

    Ternyata pengaruh pencahayaan dari kebiasaan sebelum tidurlah yang meyebabkan penglihatan semakin menurun, kabur serta memicu presbyopia, glaukoma dan katarak. Ketiganya ini bukan tidak mungkin merenggut penglihatan Anda di kemudian hari. Pencegahannya?

    Ubah kebiasaan buruk di bawah ini dan tambahkan lampu meja RAMUN amuleto yang melindungi mata di berbagai aktivitas Anda.

    Kebiasaan buruk yang harus Anda hindari dan perbaiki

    - Membaca buku

    Kegiatan ini seringkali dilakukan sambil berbaring dengan penerangan kamar seadanya. Padahal lampu terlalu terang atau redup membuat mata tegang. Posisi berbaring pun menyebabkan membelakangi cahaya. Usahakan jaga tubuh tetep tegak dan gunakan lampu baca.

    - Menonton televisi

    Layar tv memancarkan sinar langsung mengarah ke mata. Akibatnya mata menjadi lelah dan kering karena jarang berkedip dan lebih fokus pada layar.  Untuk menghindarinya, stop menonton TV setelah 30 menit dan lakukan senam mata.

    - Bermain games / social media

    Banyak orang menggunakan gadget untuk bermain game atau social media dalam gelap sambil menunggu kantuk tiba. Penggunaan jarak dekat karena ukuran huruf/gambar yang kecil, serta paparan cahaya beragam warna, membuat mata pedih & rusak. Jadi, atur brightness tidak terlalu terang dan gunakan dalam kondisi sekitar cukup cahaya.

    - Menggunakan laptop

    Karena tuntutan pekerjaan, seringkali Anda harus membuka laptop di atas tempat tidur untuk membalas email atau merampungkan pekerjaan tertunda. Jangan menyalakannya di ruangan gelap karena bisa mengakibatkan mata buram dan kabur saat beralih ke objek terang lainnya.

    - Membiarkan lampu tetap terang

    Tidur dengan lampu terang bisa membuat silau mata dan menurunkan kualitas tidur. Jika tidur tak nyenyak, syaraf mata pun tak bisa beristirahat dengan rileks.


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.