• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 27 Januari 2022

     
    Home   »  Pemilu
     
    Gerindra Bungkam PDIP di Nita
    VICKY DA GOMEZ | Senin, 28 April 2014 | 15:02 WIB            #PEMILU

    Gerindra
    Partai Gerindra

     

     
    Maumere, Flobamora.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014.

    Hasil rekapitulasi ini menunjukkan Partai Gerindra membungkam PDI Perjuangan di Kecamatan Nita, yang sejak dulu terkenal sebagai kantong emas partai banteng itu.

    Sejak gelombang reformasi mengubah sistem demokrasi, dalam 15 tahun terakhir ini, hanmpir tidak pernah ada partai politik lain yang berhasil mengantar utusannya dari Nita, kecuali PDI Perjuangan. Namun fakta ini akhirnya terbantahkan pada Pemilu 2014 yang baru lalu.
                
    Kali ini, PDI Perjuangan mengutus satu orang wakilnya dari Nita atas nama Donatus David. Aktifis PDI Perjuangan ini berhasil memperoleh 1.553 suara dari keseluruhan 4.786 suara yang dihasilkan partai dan calon PDI Perjuangan pada daerah pemilihan Sikka 2.

    Namun hasil ini, jauh berada di bawah Partai Gerindra yang justeru mengutus dua caleg dari Nita, masing-masing Sufriyance Merison Botu dan Beatus Wilfridus Djogo.

    Bahkan nyaris saja Partai Gerindra menambah satu caleg dari Nita yakni Herman Ranu, mantan Kepala Desa Nita.

    Secara keseluruhan, Nita mengutus empat orang wakilnya di DPRD Sikka. Satu wakil lagi dihasilkan PKP Indonesia yang mengutus Meak Laurentius dengan perolehan 851 suara.      

    PDI Perjuangan Sikka yang dibesut Alexander Longginus hanya bertahan dengan perolehan 4 kursi, sama seperti Pemilu 2009 lalu. Partai Gerindra yang pada Pemilu 2009 lalu hanya dengan tiga kursi, kali ini merebut 5 kursi, sekaligus menyalip PDI Perjuangan. Dua kursi Partai Gerindra dari Nita mengisyaratkan bahwa Nita bukan lagi kantong PDI Perjuangan.

    Data yang dihimpun Flobamora.net, pada Pemilu 1999 PDI Perjuangan mengutus tiga wakil dari Nita yakni OLM Gudipung, Alexander Longginus dan Eustakhius Elvidius. Setelah Alexander Longginus dilantik menjadi Bupati Sikka pada tahun 2003, kursinya diisi oleh Petrus Ph. M da Silva, juga dari Nita. Pada Pemilu 2004, kembali Petrus Ph. M da Silva mewakili Nita. Lalu kemudian pada Pemilu 2009, Alexander Longginus kembali lagi ke DPRD Sikka dan dipercayakan sebagai Wakil Ketua DPRD Sikka.  
                 
    Jauh sebelum itu, ketika partai ini masih berjubah PDI, politisi-politisi PDI dari Nita selalu mewarnai Gedung DPRD Sikka. Sebut saja H.E da Silva yang menjadi anggota DPRD Sikka pada tahun 1971-1982 dan 1987-1997. Lalu ada juga OLM Gudipung yang 10 tahun menjadi anggota DPRD Sikka (1972-1982). ***  

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2022 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.