• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 16 September 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Pelabuhan Ende akan Diberi Nama Pelabuhan Bung Karno
    LEX | Minggu, 11 Mei 2014 | 14:35 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Pelabuhan
    Pelabuhan Ende

     

    Ende, Flobamora.net - Pemerintah Kabupaten Ende akan mencanangkan dan mengumumkan pergantian nama Pelabuhan Ende menjadi  Pelabuhan Bung Karno. Untuk itu pemerintah setempat meminta  dukungan masyarakat atas penamaan tersebut.

     

    Bupati Ende, Marselinus Y.W Petu di Ende Sabtu (10/5)  mengatakan, dengan penamaan ini maka kehadiran Bung Karno saat dibuang ke Ende periode 1934-1938 bisa selalu dikenang dan dikenal seluruh warga bangsa bukan saja masyarakat Kabupaten Ende dan NTT pada umumya.

     

    “Saya akan mencanangkan nama Pelabuhan Ende menjadi Pelabuhan Bung Karno.Karena Bung Karno namanya sudah familiar di tengah kita. Karena itu kita akan beri nama Pelabuhan Bung Karno untuk mengenang beliau ketika diasingkan ke Ende. Apalagi ketika dirinya diasingkan, pelabuhan inilah yang merupakan tempat sandarnya kapal yang membawa Bung Karno bersama keluarganya” katanya.

     

    Bupati Marselinus mengatakan, pemilihan nama Bung karno selain telah familiar alasan lainnya adalah jika menggunakan nama secara lengkap maka akan sama dengan nama pelabuhan yang ada di salah satu pelabuhan di Makasar yakni Pelabuhan Soekarno. Karena itu dirinya memakai  nama pelabuhan Bung Karno.

     

    Kalau pakai pelabuhan Soekarno maka sudah ada nama salah satu pelabuhan yang ada di Makasar, makanya saya gunakan pelabuhan Bung Karno apalagi nama  Bung Karno sudah sangat familiar “ tuturnya.

     

    Untuk itu dalam momen Prosesi kebangsaan 1 Juni 2014  nanti, ia akan mulai menggunakan pelabuhan Bung Karno menggantikan Pelabuhan Ende.

     

    Beberapa warga yang diminta tanggapan terhadap penggantian nama Pelabuhan Ende menjadi pelabuhan Bung Karno menyatakan persetujuannya.

     

    Menurut mereka hal  ini menggambarkan keberadaan Bung Karno saat di Ende harus dipublikasikan secara luas, dengan salah satu cara yakni menggunakan nama besar proklamator tersebut dalam nama pelabuhan.

     

    “Sangat setuju dengan penamaan pelabuhan Ende menjadi pelabuhan Bung Karno, Hal ini bisa mengingatkan kepada warga bangsa akan kehadiran sang Proklamator di Ende, dimana dirinya menggali nilai Pancasila dan kemudian dilahirkan di Jakarta.Untuk mengenal Bung Karno di Ende yakni dengan memberikan nama beliau di pelabuhan tersebut” tutur Ardian So salah seorang pegiat LSM.

     

    Dia berharap, untuk memperkuat dan melegitimasi penamaan tersebut perlu dibuat suatu peraturan daerah  terkait dengan nama-nama tersebut. Bukan saja untuk pelabuhan Ende yang sudah dijadikan sebagai pelabuhan Bung Karno namun juga bagi lapangan Perse yang kini sudah menjadi lapangan Pancasila juga harus dibuat dalam Peraturan Daerah.

     

    “ Terus terang, kita mengapresiasi terobosan Bupati Ede untuk pemberian nama tersebut,” katanya . ***       


     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.