• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 04 Agustus 2020

     
    Home   »  Travel
     
    Budapest, Tepian Sungai Danube, Alun-alun Istana Buda, Hungaria
    YOHANES LANGGAR BILLY | Jumat, 16 Mei 2014 | 16:13 WIB            #TRAVEL

    Budapest,
    Dok Web - Sungai Danube - Situs Warisan Dunia

     

     

    Flobamora.net - Budapest adalah salah satu lanskap perkotaan yang menakjubkan di dunia dan dari arsitekturnya terlukis periode-periode jaya sejarah ibukota Hungaria. Masih terlihat sisa-sisa monumen dari berbagai periode seperti kota Aquincum peniggalan bangsa Romawi dan kastil Buda bergaya Gothik, yang memiliki pengaruh besar pada arsitektur ibukota Hungaria.

     

    Dalam perspektif unifikasi panorama kota yang luas, Sungai Danube adalah garis yang membagi antara apa yang sebenarnya dua kota: Buda pada bagian yang lebih tinggi di tepi kanan sungai dan Pest pada bagian yang lebih rendah di tepi kiri sungai. Kehadiran manusia dapat ditelusuri dari periode Palaelithik namun sejarah penting kota Budapest berawal dari masa Romawi ketika kota ini menjadi bagian dari Lower Pannonia, provinsi perbatasan Kekaisaran pada abad kedua sesudah Masehi.

     

    Setelah penyerbuan Hungaria pada abad kesembilan, Pest menjadi pusat kota pertama abad pertengahan yang kemudian diporakporandakan oleh bangsa Mongol pada 1241-2. Beberapa tahun kemudian, Bela IV mendirikan kastil Buda pada tepi kanan sungai dan masyarakat menjadikan tempat di sekitar tembok kastil tempat tinggal mereka. Kastil buda memainkan peran penting dalam memperkenalkan seni Gothik di wilayah Magyar sejak abad keempatbelas.  

     

     Dok Web - Kastil Buda - Hungaria

    Sejarah Buda sangat identik dengan kerajaan Hungaria dan kota Buda mengalami beberapa perubahan. Dua abad berada dalam masa jaya yakni dari 1308-1490-an dan beberapa tahun setelahnya sampai kemudian bangsa Turki meluluhlantahkan pada 1526. Dan perbaikan tidak dilakukan lagi sampai dengan abad kedelapanbelas.

     

    Pada abad kedelapanbelas peran kota Buda sebagai ibukota mulai terangkat dengan didirikannya Akademi Hungaria (1830) dan secara khusus oleh pembangunan gedung Parlemen gaya neo-Gothik (1884-1904). Gedung parlemen ini merupakan contoh luar biasa gedung resmi yang mengagumkan yang berdiri setara dengan gedung parlemen di London, Munich, Vienna, dan Athena.

     

     

     Dok Web - Gedung Parlemen - Hungaria

    Gedung Parlemen Hungaria ini merupakan contoh arsitektur pilihan abad kesembilanbelas dan merupakan fungsi simbol politik ibukota kedua kerajaan Austro-Hungaria. Sejak 1894, jembatan gantung W.T. Clark yang terbentang di atas sungai Danube menjadi simbol unifikasi kota Buda dan Pest, yang peresmiannya baru dilakukan pada 1873. Dengan penggabungan ini, Budapest sungguh-sungguh menjadi ibukota negara Hungaria.    

     

    Dok Web - Sungai Danube di Malam Hari


     


    Sumber: The World`s Heritage, UNESCO 2011, p 274
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.