• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 16 September 2019

     

     
    Home   »  Nasional
     
    Masyarakat Ende Diminta Jaga dan Lestarikan Situs Bung Karno
    ALBERTO | Selasa, 03 Juni 2014 | 13:17 WIB            #NASIONAL

    Masyarakat
    Ketua Yayasan Ende Flores, Ignas Kleden

     

    Ende, Flobamora.net -  Masyarakat Kota Ende diminta untuk menjaga dan melestarikan semua situs yang berkaitan dengan Bung Karno, selama proklamator itu diasingkan ke kota tersebut 1934 -1938 dan menjadi ilham bagi masyarakat di daerah itu.

     

    Ketua Yayasan Ende Flores, Ignas Kleden kepada Flobamora.net di Ende, Selasa (3/6) mengatakan, renovasi situs Bung Karno yang dimulai pada Desember 2010 lalu  merupakan wujud penghormatan anak bangsa terhadap jasa para pahlawan.

     

    “Ada tiga situs yang sudah diserahterimakan pengelolaannya kepada pemerintah kabupaten pada 19 Februari 2014  lalu yakni  rumah tempat tinggal selama masa pengasingan,Taman Rendo atau taman permenungan dan Lapangan Pancasila, meski masih ada pekerjaan tambahan yang belum diselesaikan,” jelasnya.

     

    Menurutnya, pada 19 Februari  2014 lalu  sudah ditandatangani dua nota kesepamahaman antara Bupati Ende dengan Yayasan  Ende Flores ndan antara Pemkab Ende, Yayasan Ende Flores dengan Kemeneterian Pendidikan dan kebudayaan terkait penyelesaian sembilan situs lainnya.

     

    Menyinggung tentang taman permenungan, di taman tersebut ada patung Bung Karno yang sedang duduk merenung. Oleh Pemahatnya, patung ini dibuat untuk lebih dari 100 tahun. Apakah patung ini akan tertahan tergauntung masyarakat Kabupaten Ende menjaganya dengan baik.

     

    “ Jangan hanya 10 atau 20 tahun, tetapi biarlah patung itu tetap bertahan dan menjad kebanggaan masyarakat Kabupaten Ende, bahwa di tempat itulah Sang Proklamator duduk merenung tentang dasar dan falsafah negara, Pancasila,” katanya.

     

    Dia menuturkan, Yayasan Ende Flores juga menyambut baik pendeklarasian Pelabuhan Ende menjadi Pelabuhan Bung Karno, yang menandai sebuah penghormatan teramat  bedar tas jasa Soekarno, Presiden I Republik Indonesia.

     

    Masyarakat Ende, tambahnya, harus berbangga karena kota itu ikut menentukan perjalanan sejarah bangsa ini, dimulai dari kehadiran Soekarno  hingga tercetusnya Pancasila sebagai dasar dan falsafah hidup bangsa ini.

     

    “Mari kita memulai dari sebuah hal yang kecil untuk menciptakan hal-hal yang besar karena Bung Karno sudah menyibak tabir sejarah itu dari Ende, sebuah kota kecil di Daratan Flores. Dari Ende kita berbuat untuk Nusantara,” paparnya.***          


     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.