Sidoarjo - Salah seorang peserta konvensi calon presiden di Partai Demokrat, Gita Wirjawan, membantah melakukan pendekatan kepada Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) terkait persiapannya dalam Pemilihan Presiden 2014.

"Saya ini dekat dengan siapa saja. Malah saya lebih dekat dengan masyarakat daripada dekat dengan sosok tadi," katanya di sela-sela mengunjungi pusat Industri tas dan Koper (Intako) Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis.

Gita, yang juga Menteri Perdagangan, mengatakan bahwa dirinya saat ini juga masih belum melakukan pendekatan dengan siapapun terkait persiapannya sebagai bakal calon presiden yang diusung Partai Demokrat.

"Saat ini hanya pendekatan-pendekatan biasa saja, bisa saja saya dekat dengan si A, si B atau juga yang lainnya. Tetapi, saya merasa dekat dengan masyarakat," katanya.

Namun demikian, dirinya tidak menampik jika memang mengagumi sosok Jokowi sebagai seorang pemimpin yang rendah hati.

"Saya sangat mengagumi sosok Jokowi yang begitu sederhana dan polos. Justru karena kepolosannya itulah yang harus terus dipertahankan," katanya.

Ia mengatakan sosok Jokowi memang harus dipelajari oleh seorang politikus dan juga oleh siapapun, terutama menyangkut kepolosannya.

"Sifatnya yang polos dan juga merakyat dan selalu mendekatkan diri kepada masyarakat itu yang harus menjadi contoh saat ini," katanya.

Terkait kunjungannya ke Tanggulangin Sidoarjo, ia mengemukakan, siap membantu perdagangan para pelaku usaha di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) itu.

"Pemerintah siap membantu, terutama dalam hal perdagangan supaya hasil kerajinan para pelaku usaha asal Sidoarjo ini bisa ekspor ke luar negeri," katanya.

Ia mengatakan, salah satu bentuk bantuan yang bisa diberikan oleh pemerintah itu salah satunya adalah mengajak untuk melakukan pameran hasil usaha ke luar negeri.

"Kami akan membantu untuk mengajak para pelaku usaha di Sidoarjo ini ke luar negeri seperti ke Afrika dan juga daerah lain di Timur Tengah," katanya. (ant)