• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 06 Juli 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Uskup Sensi : Pendidikan Katolik Jembatan Emas Perubahan
    LEX | Senin, 11 Agustus 2014 | 21:22 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Uskup
    Misa Syukur Seabad Pemdidiikan Katolik di Kabupaten Ende

     

     

    Ende, Flobamora.net - Uskup Agung Ende Mgr. Vinsensius Sensi Potokota, Pr mengatakan, pendidikan katolik yang ada di Kabupten Ende merupakan jembatan emas untuk sebuah perubahan.

     

    “Karena itu misa syukur  dan kenangan akan seabad Persekolahan Katolik di Keuskupan Agung Ende ini, khususnya tingkat Kevikepan Ende adalah moment yang sangat penting,” kata Uskup Sensi,Minggu  (10/8).

     

    Lebih lanjut  Uskup Sensi  mengatakan, moment peringatan ini merupakan sebuah refleksi panjang akan keberadaan Pendidikan Katolik selama seabad lebih ini bagi seluruh pemangku kepentingan, baik  itu untuk gereja, para pendidik, pemerhati dan seluruh umat . Merenungkan kembali tekad untuk membuat pendidikan jadi jembatan emas atau pintu gerbang menuju cita-cita yang dihendaki yakni perubahan.

     

    “Kita kenangkan dalam perayaan ekarisiti syukur ini, mudah-mudahan akan tercapai. Karena  pendidikan itu sangat penting  jika ingin sukses dan menjadi pribadi yang utuh dan bermartabat maka pendidikan itu sangat penting,” tuturnya.

     

    Dia mengatakan, dalam perjalanan satu abad ini, pendidikan sudah dikatakan berhasil dalam batas tertentu karena telah menyadarkan semua pihak bahwa pendidikan adalah jembatan emas menuju perubahan.

     

    Mantan Uskup Maumere ini melanjutkan, kesadaran itu belum cukup namun masih banyak Pekerjaan Rumah yang harus terus dibenahi yakni menjadikan generasi muda sebagai generasi bermutu dan ini  adalah pekerjaan yang belum selesai dikerjakan.

     

    Kata dia, tidak punya kepentingan untuk menjadikan daerah , bangsa dan negara menjadi Katolik namun ingin menyumbangkan pandangan hidup katolik, filosofi katolik dan idiologi sebagai salah satu pilihan untuk membekali manusia Indonesia menjadi pribadi yang tangguh.

     

    “Kita inginkan ,kita jadikan warga bangsa yang bermutu, bermartabat dan beretika dan bermoral secara katolik dengan cara kita sekurang-kurangnya bukti diri dan identitas katolik. 100 persen katolik 100 persen warga bangsa,” paparnya.

     

    Untuk itu dia mengajak, kepada seluruh pemangku kepentingan untuk memperhatikan  dan bertanggung jawab atas  pendidikan katolik yang kini sudah mencapai usia seabad lebih.

     

    Sementara itu Bupati Marselinus Y.  Petu dalam sapaannya usai perayaan ekaristi memperingati seabad pendidikan katolik di Keuskupan Agung Ende tingkat Kevikepan Ende menyampaikan terima kasih atas sumbangsih sekolah katolik di daerah itu.

     

    Menurutnya pendidikan katolik telah banyak memberikan sumbangsih bagi kemajuan pendidikan di Kabupten Ende, yang menurutnya sejak dari jaman penjajah hingga hari ini.

     

    Dia menyebutkan, dari 690 sekolah yang ada di Kabupaten Ende terdapat 262 sekolah negeri dan 428 sekolah swasta termasuk didalamnya sekolah Katolik.

     

    Dia mengakui, kontribusi sekolah swasta khususnya sekolah katolik sangat besar.Ke depan, dalam masa kepemimpinannya bersama  akan terus memperhatikan semua sekolah yang ada , tidak  ada lagi perbedaan atau diskriminasi antara negeri dan swasta.

     

    Perayaan Ekaristi memperingati Seabad Persekolahan Katolik di Keuskupan Agung Ende tingkat Kevikepan berlangsung sederhana di Gereja Kristus Raja Kathedral namun berlangsung hikmah, dihadiri ribuan umat dan undangan lainnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.