• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 24 Oktober 2020

     
    Home   »  Internasional
     
    Paus Minta Sekjen PBB Ambil Tindakan di Irak
    ALBERTO/RISKY | Jumat, 15 Agustus 2014 | 16:02 WIB            #INTERNASIONAL

    Paus
    Paus Fransikus

     

     

    VATICAN - Paus Fransiskus telah mendesak Sekjen PBB, Ban Ki-moon untuk segera mengambil langkah menangani krisis Irak utara akibat kekerasan yang telah menimbulkan ribuan orang eksodus.

     

    “Saya merasa sedih menyaksikan  penderitaan dan tangisan orang-orang Kristen dan minoritas-minoritas agama lainnya di tanah Irak tercinta,” kata Bapa Suci.

     

    Sebelum ia berangkat ke Korea dan setelah mengirim Fernando Kardinal Filoni ke Irak terkait kekerasan yang meningkat, ia menulis surat kepada  Ban Ki-moon, “dengan rasa berat hati dan sedih”, meminta masyarakat internasional “melalui norma-norma dan mekanisme hukum internasional, melakukan semua yang bisa guna menghentikan dan mencegah kekerasan lebih lanjut terhadap etnis dan minoritas-minoritas agama.”

     

    Presiden European Episcopal Conferences (CCEE) juga menulis surat kepada Dewan Keamanan PBB untuk  intervensi.

     

    “Dengan berat hati dan sedih, saya telah mengikuti peristiwa dramatis dari beberapa hari ini di Irak bagian utara dimana orang-orang Kristen dan minoritas agama lainnya terpaksa mengungsi dari rumah-rumah mereka dan menyaksikan penghancuran tempat ibadah dan warisan agama mereka,” tulis Bapa Suci dalam surat kepada Ban Ki-moon yang ditandatangani 9 Agustus dan diterbitkan oleh Vatikan.

     

    “Tergerak oleh penderitaan mereka, saya telah meminta Yang Mulia Fernando Kardinal Filoni, Prefek Kongregasi Evangelisasi, yang pernah menjabat sebagai wakil pendahulu saya, St. Yohanes Paulus II dan Paus Benediktus XVI, di Irak, untuk mewujudkan kedekatan saya dan mengungkapkan keprihatinan saya, dan dari seluruh Gereja Katolik, atas penderitaan mereka, yang sebenarnya mereka ingin hidup dalam damai, harmoni dan kebebasan di tanah leluhur mereka.

     

    “Saya mendesak lagi kepada masyarakat internasional untuk mengambil tindakan guna mengakhiri tragedi kemanusiaan yang kini sedang berlangsung, saya mendorong semua badan yang berkompeten dari PBB, khususnya mereka yang bertanggung jawab untuk keamanan, perdamaian, hukum dan bantuan kepada pengungsi, untuk melanjutkan upaya mereka,” tekan Paus Fransiskus.

     

    “Serangan kekerasan yang melanda seluruh Irak Utara bisa membangkitkan hati nurani semua orang dengan kemauan baik untuk melakukan solidaritas konkret dengan melindungi mereka yang terkena dampak atau terancam oleh kekerasan dan menjamin bantuan yang diperlukan agar pengungsi bisa kembali dengan selamat ke kota-kota dan rumah mereka,” tulis Paus.***


     


    Sumber: UCA News
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.