• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 20 September 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Jelang Rapat Perdana, Pimpinan Sementara DPRD Sikka Koordinasi Tujuh Menit
    VICKY DA GOMEZ | Minggu, 31 Agustus 2014 | 20:45 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Jelang
    Pimpinan Smentara DPRD Sikka, Rafael Raga dan Stef Say (foto: vicky da gomez)

     
    Maumere, Flobamora.net - Pasca pelantikan pada Senin (25/8), anggota DPRD Sikka belum mulai menjalankan aktifitas. Rencananya sidang perdana baru akan digelar pada Senin (1/9). Jelang sidang perdana itu, dua orang pimpinan sementara sempat melakukan koordinasi. Koordinasi perdana ini pun hanya berlangsung 7 menit saja.

     

    Seperti disaksikan Flobamora.net, koordinasi antara Ketua Sementara DPRD Sikka Rafael Raga dan Wakil Ketua Sementara DPRD Sikka Stephanus Say berlangsung di ruang kerja Ketua DPRD Sikka yang selama lima tahun ini ditempati Rafael Raga. Tidak diketahui koordinasi ini seperti apa, karena usai koordinasi keduanya langsung meninggalkan Gedung DPRD.

     

    Informasi yang direkam Flobamora.net, koordinasi kedua pimpinan sementara itu berkaitan dengan sidang perdana DPRD Sikka Periode 2014-1019 yang rencananya digelar besok. Kemungkinan koordinasi itu berkaitan dengan agenda sidang karena sebagai pimpinan sementara, keduanya bertugas menyelesaikan beberapa agenda yaitu pembentukan pimpinan definitif, penyusunan tata tertib, dan alat-alat kelengkapan. Apalagi Rafael Raga baru saja kembali dari Jakarta untuk melakukan konsultasi tentang tiga agenda itu.

     

    Terkait tiga agenda ini, data yang dihimpun Flobamora.net, Mendagri RI telah mengeluarkan surat edaran kepada gubernur dan bupati/walikota di seluruh Indonesia tertanggal 22 Agustus 2014 perihal pembentukan pimpinan, penyusunan tata tertib, dan alat-alat kelengkapan. Surat tersebut menindaklanjuti surat Mendagri RI sebelumnya tertanggal 16 Juli 2014 perihal usul peresmian anggota DPRD hasil Pemilu Tahun 2014.

     

    Dalam surat edaran terbaru, Mendagri menginstruksikan tiga poin. Poin pertama, untuk pembentukan pimpinan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, penyusunan tata tertib dan alat kelengkapan agar menunggu ketentuan yang mengatur tentang DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

               

    Poin kedua, terkait dengan telah diundangkannya Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, maka untuk pembentukan pimpinan DPRD, pembentukan fraksi, penyusunan tata tertib, dan pembentukan alat kelengkapan, mengacu kepada UU Nomor 17 Tahun 2014.

               

    Poin ketiga, sesuai ketentuan pasal 425 UU Nomor 17 Tahun 2014, yang menyatakan bahwa pada saat undang-undang ini berlaku, ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai MPR, DPR, DPD, dan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dinyatakan tetap berlaku spenjang tidak bertentangan dengan undang-undang ini, atau diatur secara khusus dalam undang-undang ini, dengan demikian Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD masih berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan UU Nomor 17 Tahun 2014.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.