• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 21 Oktober 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Langgar Perda, Masyarakat Tolak Proyek Normalisasi Kali Warang
    VICKY DA GOMEZ | Minggu, 07 September 2014 | 15:47 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Langgar
    Kepala Desa Talibura Vincentius

     

     

    Maumere, Flobamora.net - Sejumlah warga masyarakat di Desa Talibura Kecamatan Talibura menolak pelaksanaan proyek normalisasi di Kali Warang Dusun Talibura.

     

    Mereka menuntut pelaksanaan proyek tetap dilaksanakan di Kali Habohodot Dusun Habihodot Desa Talibura sebagaimana yang tertuang dalam Perda APBD TA 2014.

               

    Sikap penolakan masyarakat ini disampaikan Kepala Desa Talibura Vincentius kepada Flobamora.net yang menemuinya di Desa Dusun Tanah Merah Desa Talibura, Sabtu (6/9). Bentuk penolakan masyarakat adalah dengan mengajukan surat keberatan yang ditujukan kepada Kepala Desa Talibura.

               

    “Masyarakat tidak terima kerja di Kali Warang, karena yang mereka tahu mestinya proyek turap pengaman di Habihodot. Mereka sudah kirimkan surat keberatan kepada saya. Suratnya ada di kantor,” jelas Vincentius.

               

    Sikap penolakan masyarakat ini sangat kontradiksi dengan pernyataan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pertambangan dan Energi Kabupaten Sikka Fred K. Djen yang berargumentasi bahwa pemindahan lokasi proyek ke Kali Warang karena atas permintaan masyarakat.

               

    Sebelumnya pernah diberitakan bahwa sikap angkuh dan kesewenang-wenangan ditunjukkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pertambangan Kabupaten Sikka Fred K. Djen.

     

    Tanpa melalui prosedural dan mekanisme, juga tanpa ada persetujuan DPRD Sikka, dia memindahkan lokasi proyek ke tempat lain. Dengan tindakan ini dia diancam pidana karena melanggar Peraturan Daerah tentang APBD TA 2014 yang telah ditetapkan DPRD Sikka.

     

    Yohanes Sem Aristakus, anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sikka mengecam tindakan Fred K. Djen yang dianggapnya sebagai sebuah tindakan kesewenang-wenangan. Dia pun menuntut Fred K. Djen bertanggungjawab terhadap pemindahan lokasi dan penambahan item pekerjaan.

     

    “Saya kecewa sekali dengan tindakan memindahkan lokasi proyek tanpa diketahui oleh DPRD. Ini cerminan sebuah keangkuhan. Saya dan Fraksi Partai Demokrat akan serius menindaklanjuti persoalan ini,” ungkap anggota DPRD dari Partai Kebangkitan Bangsa itu.   

     

    Hal senada diutarakan Patrisius Paskalis dari Fraksi PDI Perjuangan. Pemindahan lokasi proyek oleh Dinas PU dan Pertambangan Kabupaten Sikka adalah sebuah tindakan pidana serius yang mencederai lembaga perwakilan rakyat. Dia pun menuntut Fred K. Djen harus bertanggungjawab terhadap kasus ini.

     

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Pertambangan dan Energi Kabupaten Sikka Fred K. Djen akhirnya menghentikan pelaksanaan proyek pembangunan turap di Kali Warang Desa Talibura Kecamatan Talibura. Penghentian dilakukan karena pengerjaan proyek tersebut melanggar Perda APBD TA 2014.

     

    Ditemui di Gedung DPRD Sikka, Sabtu (23/8), Fred K. Djen mengaku telah menghentikan kegiatan pengerjaan proyek itu. Sikap itu dilakukan menyusul keputusan politik DPRD Sikka yang menuding Fred K. Djen telah melanggar Perda APBD TA 2014 karena secara sepihak memindahkan lokasi proyek dari Habihodot ke Kali Warang.    

               

    “Yah, kalau mereka (DPRD) bilang tidak boleh lanjut, ya kami stopkan. Jadi sejak Jumat (minggu lalu) saya sudah hentikan pengerjaan di Kali Warang,” jelas Fred K. Djen.***

     


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.