• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 21 Oktober 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Lima Rumah Warga di Embugaga Ludes Terbakar
    LEX | Rabu, 10 September 2014 | 14:24 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Lima
    Rumah yang terbakar di Lingkungan Embugaga, Kota Ende

     

     

    Ende, Flobamora.net – Sebanyak lima unit rumah permanen milik Haji Yusuf Pua Neta yang terletak di Jalan Perwira, tepatnya di Lingkungan Embugaga II, Kelurahan Kota Raja, Kecamatan Ende Utara , Rabu (10/9) sekitar pukul 12.50 Wita ludes dilahap si jago merah.

     

    Di samping kelima rumah milik Haji Pua Neta, turut terbakar satu unit dapur lainnya yang bersebelahan dengan kelima unit bangunan tersebut.

     

    Pantauan Flobamora.net, warga sekitar bahu membahu memberikan pertolongan dan memadamkan api yang terus membesar sehingga dalam tempo tidak sampai 10 menit kelima bangunan dan satu dapur hangus rata tanah.

     

    Dengan bantuan dua mobil tanki air milik PDAM dan Polres Ende serta dibantu oleh Satuan Polres dan Kodim 1602 Ende, api akhirnya baru bisa padam sekitar satu jam kemudian.

     

    Beruntung kebakaran yang terjadi cepat diantisipasi. Jika tidak maka akan menjalar ke rumah penduduk lainnya dan bukan tidak mungkin mengancam Situs Rumah Pengasingan Bung Karno karena berjarak tidak lebih 20 meter dari TKP apalagi kondisi angin cukup kencang. 

     

    Lurah Kota Raja, Adnan AM Haris ditemui di TKP menjelaskan, kelima bangunan tersebut merupakan milik Haji Yusuf Neta, dimana empat lainnya dijadikan kos-kosan sementara satu rumah induk yang ditempati bersama keluarga

     

    Dia mengatakan, api diduga kuat berasal dari salah satu rumah kost yang kemudian terus menjalar mengahanguskan semua bangunan.

     

    “Informasi yang saya terima seperti itu, api berasal dari salah satu rumah kost permanen. Belum diketahui  penyebab dari kebakaran itu namun yang pasti semua isi rumah ludes terbakar,” kata Adnan.

     

    Dia menjelaskan kost-kosan tersevbut dihuni oleh para pedagang yang berasal dari Makasar yang menjual perabot dan pakaian.Untuk sementara kerugian belum bisa dihitung. Namun diperkirakan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

     

    Selain perabot rumah tangga tutur Adnan Haris juga barang-barang elektronik, barang berharga lainnya seperti surat-surat, surat tagihan kredit dan juga sebuah sepeda motor Yamaha MX, namun belum diketahui siapa pemiliknya.

     

    Sementara itu, salah seorang penghuni kos yang juga seoarang pedagang kain dan pakaian asal Makasar, Malarange DG Niko ( 67) mengatakan, saat kebakaran dirinya tidak berada di dalam kamar. Namun dia mengatakan diduga api berasal dari bawah kamar tidur.

     

    ”Saat melihat api, saya lari keluar dan teriak minta tolong. Kerugaian yang saya alami bisa mencapai Rp 35 juta amun anak saya sekitar ratusan juta apalagi banyak pakaian yang baru datang dari Makasar” tutur Malarange.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.