• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 13 Juli 2020

     
    Home   »  Opini
     
    Gembira Dalam Bekerja: Kiat Menjalani Tahun Baru
    YOHANES LANGGAR BILLY | Kamis, 09 Januari 2014 | 16:30 WIB            #OPINI

    Gembira
    Dok/Web

     

     

    Merasa gembira dalam bekerja? Ya, gembira! Setiap orang yang bekerja, pekerjaan apa saja, memiliki hak dan kemampuan menemukan kegembiraan dalam bekerja. Kegembiraan adalah kunci kehebatan. Kegembiraan dan kehebatan berdampak pada pertumbuhan dan kesejahteraan, tidak hanya kepada para individu pekerjanya tetapi juga kepada perusahaan dia bekerja dan tentunya kepada negara.

     

    Sebagian besar waktu yang kita pergunakan sebagai orang dewasa adalah untuk bekerja. Termasuk di dalamnya antara lain waktu yang kita habiskan untuk melakukan perjalanan dari rumah ke tempat kerja dan sebaliknya, kerja lembur, memikirkan pekerjaan-pekerjaan kita, mencemaskan beban kerja yang tinggi dan sebagainya. Singkatnya kita menghabiskan lebih banyak waktu kita di kantor, di pabrik, di jalan, di belakang meja dari pada di rumah.

     

    Tetapi terlalu banyak dari kita yang mengatakan bahwa pekerjaan kita membosankan, melelahkan, yang itu-itu saja, dan merupakan keharusan hidup yang menjengkelkan, ibarat kematian dan pajak. Coba bayangkan berapa banyak orang yang mengatakan, “Saya tidak menyukai pekerjaan saya,” atau “Bagaimana saya menyukai pekerjaan saya?” atau “Satu-satunya kegembiraan dalam bekerja kalau jarum pendek jam telah menunjukkan pukul lima.”

     

    Inilah kenyataan yang didapati dari para pekerja yang yang tidak terbilang banyaknya, tidak terkecuali diri kita masing-masing. Apakah kita pekerja kasar atau pekerja di belakang meja, banyak dari kita yang merasa frustrasi dan tidak puas dengan pekerjaan kita. Pertanyaannya adalah dapatkah kita, mulai dari pengantar surat sampai kepada sekretaris atau bahkan manajer bekerja lebih baik bila kita bekerja dengan gembira? Jawabannya adalah YA!, seperti yang ditulis oleh Dennis Waitley & Reni L. Witt dalam buku mereka yang berjudul “The Joy of Working”. Menurut mereka merasa gembira dalam bekerja lebih dari sekadar filosofi; itu adalah sistem agar bisa menemukan kegembiraan, kesejahteraan, dan kesuksesan dalam bekerja.

     

    Berikut ini adalah intisari beberapa kiat menuju kesuksesan, kesejahteraan, dan kebahagiaan dalam bekerja menurut Denis Waitley dan Reni L. Witt.  

     

    Pertama adalah self-esteem. Anda adalah Orang Yang Paling Berharga di dalam pekerjaan Anda. Tidak ada orang lain yang benar-benar bisa masuk dalam sepatumu. Tidak ada orang lain yang bisa menjadi diri Anda. Anda unik dan Anda membawa keunikan Anda ke tempat kerja Anda setiap hari. 

    Anda akan merasa berharga dan bergembira dalam bekerja bila Anda memulai setiap hari kerja Anda dengan pemikiran bahwa Anda adalah Orang Yang Paling Berharga.

     

    Kedua adalah self-talk. Katakan secara terus-menerus kepada diri Anda sendiri bahwa Anda adalah Orang Yang Paling Berharga.

    Berbicara kepada diri sendiri secara positif adalah kebiasaan yang harus dipelajari. Kebiasaan ini harus dilakukan setiap hari dengan mengulang dan menguatkan kembali apa yang benar tentang Anda. Harga diri yang sehat dan berbicara kepada diri sendiri secara positif adalah benih spiritual kebahagiaan dan kesuksesan.

     

    Ketiga, nutrisi yang dibutuhkan agar bisa merasa gembira dalam bekerja adalah attitude. Sikap positif adalah gizi bagi jiwa dan raga. Sikap yang benar dapat membantu Anda melewati hari-hari yang paling buruk sekalipun dalam bekerja. Orang yang menyadari rahasia sikap positif sadar bahwa mereka memiliki kekuatan menjadikan setiap hari, hari yang terbaik.

     

    Keempat adalah dreams. Sisihkan sedikit waktu dari setiap hari kerja Anda untuk mengarahkan mimpi-mimpi Anda demi menggapai cita-cita Anda.

     

    Kelima, goal setting. Untuk tiba di suatu tempat, Anda harus tahu ke mana Anda pergi. Orang yang menemukan kegembiraan dalam bekerja menyadari bahwa bila mereka mengetahui tujuan mereka bekerja mereka sudah menyelesaikan separuh perjalanan.

     

    Keenam, planning. Pekerja harus memiliki rencana hidup.

     

    Ketujuh, perseverance. Bertekun dalam bertindak dapat dilatih dengan terus bekerja pada saat orang lain beristirahat.

     

    Kedelapan, self-discipline. Disiplin diri adalah latihan yang mengembangkan penguasaan diri. Disiplin diri merupakan ketekunan dalam bertindak.

     

    Kesembilan, self-expectation. Orang biasanya mendapatkan apa yang mereka harapkan. Pekerja yang berhasil berharap untuk bisa menikmati pekerjaan mereka. Untuk lebih menikmati pekerjaan Anda dan hubungan kerja, berharaplah yang terbaik dari diri Anda dan dari yang lain juga.

     

    Kesepuluh, being your best. Mendiang Lila Acheson Wallace, salah satu pendiri Reader’s Digest menganut prinsip dalam hidup yaitu harus selalu melakukan yang terbaik.

     

    Inilah beberapa kiat bergembira dalam bekerja yang bisa saya bagikan dari para pakar dalam bekerja, Deni Waitley dan Reni L. Witt. “Obyek dari hidup,” kata Henry Ford, “adalah bekerja, pengalaman, kebahagiaan. Ada kegembiraan dalam bekerja. Tidak ada kebahagiaan kecuali kita menyadari bahwa kita telah mencapai sesuatu.”

     

    Kegembiraan dalam bekerja adalah syarat dan akibat dari kesuksesan, kesejahteraan, dan kebahagiaan. Kegembiraan keluar dari dalam diri seseorang. Kegembiraan adalah penguatan yang menyenangkan atas harga diri Anda yang terefleksi oleh pekerjaan dan pencapaian-pencapaian Anda.

     

    Kegembiraan dalam bekerja berarti selalu tersenyum dalam hati dalam melaksanakan semua tugas Anda --- dan melihat diri Anda sejahtera. Kegembiraan membuat wajah Anda bersinar oleh cahaya kesuksesan. Kegembiraan membawa orang lain kepada Anda. Dari dalam diri Anda terpancar rasa percaya diri dan setiap orang selalu ingin memiliki rasa percaya diri dan kompetensi.

     

    Bergembira dalam bekerja adalah minyak pelumas semua kegiatan dan produktivitas. Yakinkan diri Anda untuk selalu tersenyum di dalam hati Anda --- senyum Anda adalah percikan api yang menerangi dunia dengan kesuksesan, kesejahteraan, dan kebahagiaan.

     

    Tidak ada perasaan yang lebih menyenangkan bila kita menyadari bahwa pekerjaan kita sudah diselesaikan dengan baik --- a job well-done. Melakukan yang terbaik dalam bekerja tidak pernah membuat diri Anda kurang. Justru hal yang sebaliknya terjadi, kita merasa berharga dan kita menemukan ketenangan batin. Anda akan bisa menikmati malam Anda pada waktu Anda tiba di rumah, bisa memancing di akhir pekan dengan perasaan lega, dan bahkan berlibur dengan suasana yang menyenangkan karena Anda telah melakukan pekerjaan dengan baik.

     

    Yang jelas, kegembiraan dalam bekerja adalah Anda sendiri. Anda-lah sumber kegembiraan dan kepuasan itu di dalam pekerjaan Anda. Kegembiraan itu tidak bisa ditemukan di luar diri Anda. Dan, pada waktu Anda melakukan pekerjaan Anda, bawalah pekerjaan itu ke pribadimu yang unik itu --- pribadi yang paling berharga yang dianugerahi iman, ketekunan, dan kemauan baik. Kegembiraan hatimu akan senantiasa memancarkan semangat dan rasa percaya diri dalam diri setiap pribadi yang Anda sentuh pada hari-hari kerjamu. Semoga.The Joy of Working / Denis Waitley & Reni L. Witt


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.