• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 21 Oktober 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Arsip Miliki Nilai Kekuatan Hukum
    ALBERTO | Rabu, 08 Oktober 2014 | 13:12 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Arsip
    Ilustrasi Arsip

     

     

    Kupang, Flobamora.net - Aset suatu daerah memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan harus didukung dengan tersedianya arsip aset.

     

    “Selain mamiliki nilai guna pembuktian bagi kekayaan daerah, arsip memiliki kekutaan hukum. Karena itu, keberadaan arsip harus dikelola dengan baik dan benar,” kata Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI, Andi Kasman  usai pembukaan Bimtek pengelolaan arsip daerah untuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Kupang, Selasa (7/10).

     

    Dia menjelaskan jika arsip hilang maka aset daerah juga hilang. Seringya pemerintah daerah dan juga pusat kehilangan aset karena tidak didukung dengan bukti kepemilikan yakni arsip.

    Menurut Andi, arsip suatu daerah harus lengkap dan utuh untuk memperjelas status kepemilikan aset daerah atau negara. Jika arsip tidak lengkap maka rawan persoalan hukum. Sudah beberapa kali negara ini kehilangan asetnya karena tidak didukung dengan bukti simetris yakni arsip yang utuh dan lengkap.

    Dia menuturkan, arsip harus autentik dan utuh sebagai jaminan keuatan hukum demi nilai pembuktian kepemilikan aset suatu daerah. Arsip nasional sebagai penyelenggara pengelolaan kearsipan memiliki tanggung jawab untuk mengelola arsip. Sebab, pengelolaan arsip yang baik dapat menunjang jelasnya status kepemilikan aset daerah yang bernilai budaya.

    Andi mencontohkan, Sasando Rote harus memiliki arsip sebagai bukti milik Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bernilai budaya. Budaya identik dengan arsip, karena itu nilai historis tetap dipelihara dengan baik.

    Dia menekankan, pulau terluar di NTT tidak bisa menjadi milik daerah itu dengan kekuatan perang, tetapi harus didukung dengan arsip sebagai bukti kepemilikan yang sah.



    "DI NTT banyak pulau terluar tetapi jangan berharap jika didapat hanya dengan perang melalui perjuangan TNI, tetapi harus adanya bukti autentik yakni arsip daerah," tegas Andi.

    Dia mengharapakan pemerintah daerah tetap memelihara keutuhan arsip agar tidak ada yang hilang. Penyelenggaraan pengelolaan arsip merupakan wujud dari tanggung jawab dan dukungan pemerintah untuk memelihara arsip.

    Pada 2014 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia memberi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada 524 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dalam pengeloaan arsip. Sementara 279 kabupaten/kota laiinya mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

    “Persoalannya adalah sering ditemukan adanya aset daerah atau negara tetapi tidak didukung dengan arsip. Semestinya ada sinkronisasi antara aset daerah dan arsip untuk memperjelas status kepemilikan,” katanya.

    Menurut dia, untuk menguasai dan memiliki suatu daerah harus didukung dengan bukti simetris yakni arsip yang utuh dan lengkap. Karena mengusai suatu daerah bukan dengan kehebatan perang tetapi harus dibuktikan dengan arsip.

    "Saya harap setiap SKPD mampu mengelola arsip di daerahnya dengan baik demi kejelasan kepemilikan aset daerah," paparnya.

     

    Dia menambahkan, sering terjadi konflik karena masalah batas negara. Dengan demikian arsip untuk batas negara Indonesia yakni NTT dengan Timor Leste harus utuh dan lengkap. Menguasai batas negara bukan karena kehebatan institusi, tetapi kelengkapan bukti autentik merupakan kunci kemenangan.   

    Kata dia, ada pun berbagai bentuk arsip yang dipakai oleh pemerintah pusat dan daerah. Diantaranya, arsip dalam bentuk visualisasi dan elektronik.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.