• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 14 Desember 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    PDI Perjuangan Harus Kedepankan Otokritik
    ALBERT R. | Jumat, 10 Januari 2014 | 15:10 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    PDI
    Peserta Diskusi Terbatas

     

    Ende, Flobamora.net - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke depan  harus selalu melakukan otokritik jika ingin maju dan terus menjadi Partai yang besar, dan menjadi partai pilihan masyarakat.

    Dengan begitu , Partai  bisa melihat kekurangan yang ada sehingga bisa diperbaiki, atau bisa melihat kelebihan sehingga di pertahankan ataupun ditingkatkan lagi. Tambahan pula harus melakukan kaderisasi sehingga roda kepartaian bisa berjalan dengan baik, tanpa menunggu kritikan dari luar.

    Demikian kesimpulan dsikusi terbatas dalam rangka memperingati HUT PDIP ke 41 yang di selenggarakan oleh Fraksi PDI Perjuangan  DPRD Ende, Jumat (10/1). Diskusi yang menghadirkan sejumlah stake holder diantaranya LSM  seperti Pusam Indonesia dan FIRD, akademisi, Ormas dan sejumlah awak media bertempat di kediaman Ketua Fraksi PDI Perjuangan Yustinus Sani.

    Salah seorang peserta dsikusi dari kalangan akedemisi, Levi Padalulu mengatakan, berdasarkan amatannya dari pusat hingga ke daerah telah terjadi ‘degradasi’. Yang dimaksudkannya adalah PDI Perjuangan yang sebelumnya di gadang sebagai partainya’ Wong Cilik’ tidak nampak lagi.Menurutnya orientasinya sekarang sudah kepada masyarakat menengah ke atas. Ia mengatakan kondisi ini dilihat cukup signifikant.

    “Disamping itu  kaderisasi tidak berjalan baik terutama di daerah ini sehingga tidak bisa lagi diandalkan, jika generasi sekarang ini sudah selesai masanya.Ini juga karena tidak atau kurang adanya pendidikan politik bagi kadernya, dan jika itu ada hanya saat menjelang Pemilu baik legislatip maupun pemilihan umum Daerah atau Presiden” kata Levi Padalulu yang juga dosen di Universitas Flores ini.

    Karena itu, tambahnya, ke depan jika PDI Perjuangan ingin lebih exsis lagi maka unsur –unsur seperti otokritik maupun pembinaan kaderisasi harus terus digiatkan.

    Sementara itu Sekretaris Jendral Pusam Indonesia, Oscar Vigator Wolo juga menguatkan hal yang sama.Dia menyebutkan, kaderisasi dalam Partai belum berjalan optimal. Hal ini sebutnya ditandai dengan rekrutmen bagi calon anggota legislatip yang menurutnya kebanyakan bukan berasal dari kader terbaik partai. Partai lebih mengakomodir mereka-mereka yang memilik basis pemilih ketimbang kadernya.

    “Itu yang saya lihat hampir di setiap partai termasuk PDI Perjuangan.Apakah karena kader partai yang kalah populer, atau karena hal lain,”kata Oscar.

    Karena itu lanjutnya jika sudah menduduki kursi legislatip mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat untuk partai dan untuk masyarakat .

    Ketua Fraksi PDI Perjuangan Yustinus Sani dalam diskusi ini yang bertindak sebagai moderator juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap diskusi terbatas ini. Dia memahami selama ini PDI Perjuangan belum banyak berbuat untuk rakyat.

    Menurutnya, masukan-masukan yang ada  akan menjadi refleksi PDI Perjuangan khususnya dalam menghadap tahun Politik 2014 ini di kabupaten Ende.

    “Kedalam PDI Perjuangan harus melakukan otokritik dan melakukan pembenahan dengan melakukan pendidikan politik bagi para kadernya, dan melakukan kaderisasi seperti yang diharapkan rekan-rekan semua“katanya.

    Karena itu, tambahnya, PDI Perjuangan siap memnbuka diri untuk menerima masukan dan kritikan untuk perjalanan Partai ke depannya ke arah yang lebih baik.*** (LEX)       


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.