• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 21 September 2019

     

     
    Home   »  Nasional
     
    Ucapan Terima Kasih Anas untuk SBY dan Abraham Samad
    ANA DEA | Sabtu, 11 Januari 2014 | 07:39 WIB            #NASIONAL

    Ucapan
    Dok/Web: Susilo Bambang Yudhoyono dan Anas Urbaningrum

     

    Jakarta : Jumat 10 Januari 2014 petang menjelang malam, Anas keluar dari Gedung KPK mengenakan rompi oranye, pakaian yang memberi simbol jelas bahwa Anas menjadi tersangka.

     

    Saat baru keluar, Anas menyempatkan diri untuk menggelar jumpa pers. Mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu mengucapkan terima kasih kepada Ketua umum Partai Demokrat saat ini, Susilo Bambang Yudhyono. Apa makna di balik say thanks Anas tersebut?

     

    Pakar komunikasi politik Karyono Wibowo menilai pernyataan terima kasih Anas itu mempunyai makna politik yang tinggi. Menurut dia, Anas ingin menunjukkan kalau penahanan tersebut merupakan keinginan dari SBY selama ini.

     

    "Ucapan terima kasih Anas untuk SBY atas penahananya sebagai kado tahun baru untuk SBY memiliki makna politik tingkat tinggi. Anas dalam pandangan saya memiliki kemampuan komunikasi politik tingkat tinggi," ujar Karyono kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (11/1/2014).

     

    Peneliti Senior Indonesia Public Institute (IPI) itu menambahkan, gaya komunikasi politik semiotika yang dipadukan dengan kultur Jawa menjadi ciri khas bekas Ketum PD itu. Secara tersirat, mantan ketua umum Himpunan Mahasiswa (HMI) itu penahanannya memang diharapkan oleh SBY.

     

    "Pernyataan Anas soal kado tahun baru untuk SBY atas penahanannya itu bisa ditafsirkan sebagai pesan politik dari Anas untuk membangun opini publik, bahwa penahanannya merupakan keinginan kubu SBY," terang dia.

     

    Bahkan, kata dia, yang menarik, selain mengucapkan terimakasih kepada SBY, Anas juga mengucapkan terimakasih kepada Abraham Samad dan penyidik KPK.

     

    "Dari ungkapan tersebut, bisa bermakna, bahwa Anas ingin membentuk opini melalui pesan politik, bahwa ada skenario antara Cikeas yang melibatkan oknum KPK untuk memenjarakan dirinya," papar Karyono.

     

    Lalu apakah saling balas tudingan antara 2 kubu tersebut sesuai fakta atau hanya sekadar beradu opini semata? Dari segi komunikasi Karyono tak berani menyimpulkan. Dia meminta biar pihak Anas, KPK dan kubu Cikeas yang menjelaskan.

     

    "Tetapi terlepas dari itu, isu itu sudah menjadi opini publik. Apapun opini yang berkembang soal kasus Anas, kini Anas sudah ditahan KPK," terang dia.

     

    Karyono berharap agar Anas menepati janjinya untuk membuka kasus tersebut dan tidak akan menutup-nutupi. "Dari penahanan Anas ini, bisa saja akan menjadi pintu masuk untuk mengungkap keterlibatan para petinggi Demokrat dan juga keluarga Cikeas," tandas Karyono. (lptn6)


     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.