• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 03 Desember 2020

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Kerjasama Segitiga Pertumbuhan, Sebuah Komitmen Politik
    ALBERTO | Jumat, 31 Oktober 2014 | 13:02 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Kerjasama
    Kepala Biro Bina Perekonomian Setda NTT, Marius Ardu Jelamu

     

     

    Kupang, Flobamora.net - Kepala Biro Ekonomi Steda NTT, Marius Ardu Jelamu mengatakan, pengembangan Kawasan Segitiga Pertumbuhan antara Indonesia, Timor Leste, dan Australia merupakan komitmen tekat politik yang telah di sepakati oleh para pemimpin dari ketiga negara.

     

    Jelamu mengatakan itu, pada seminar damn temu bisnis internasional dantara NTT, Northern Territory dan Timor Leste  dalam rangka kelanjutkan kerja sama  segitiga antara ketiga wilayah tersebut di Kupang, Jumat (31/10).

      

    Dia menjelaskan, pada tanggal 21 Januari 1992 telah ditandatanganiMoU oleh Pemerintah Northern  Territory dan Pemerintah Indonesia tentang kerja sama pembangunan ekonomi  mencakup industri manufaktur dan pengolahan, perdagangan dan prasarana perdagangan, jasa-jasa transportasi, pembangunan prasarana fisik, jasa-jasa profesional termasuk kesehatan dan pendidikan, keahlian teknis dan penasehat ahli serta alih teknologi, industri primer dan tersier, termasuk mineral dan pengembangan energi, sektor-sektor pedesaan dan industri pariwisata.

     

    Selanjutnya, dia menyatakan,  tanggal 19 Mei 2012 di Dili, Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste menandatangani Letter Of Intern (LoI) tentang pengembangan ekonomi regional yang terintegrasi.

     

    Bersamaan dengan penandatanganan LoI ini ditandatangani pula sebuah protocol antara Menlu RI dan Menlu Republik Demokratik Timor Leste disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dengan Perdana Menteri Xanana Gusmao dengan sasaran antara lain mengembangkan dan melaksanakan berbagai program untuk memperkuat konektivitas antara kedua negara berdasarkan pendekatan multi sektor dan implementasi berbagai program tersebut dapat dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan bila diperlukan dapat mencakup Provinsi-Provinsi lainnya di sekitarnya,” paparnya.

     

    Kemudian,ujarnya, pada bulan November Tahun 2012 pada acara Bali Democratic Forum dalam pertemuan pemimpin ke Tiga Negara Indonesia, Republik Demokratik Timor Leste dan Australia, Presiden Bambang Yudhoyono, Perdana Menteri Xanana Gusmao dan Perdana Mentri Australia Julia Gilard menekankan kembali pentingnya Kerja Sama Ekonomi dan Integrasi antara Indonesia, Timor Leste dan Australia.

     

    Menurut dia, pada tanggal 26 Agustus 2014 yang lalu telah pula ditandatangani MoU antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste tentang pembentukan Satuan Tugas(satgas) dalam rangka pengembangan ekonomi regional yang terintegrasi antara Indonesia dan Timor Leste.

     

    Semua dokumen,paparnya, tertulis berisi kesepakatan yang dibuat baik antara Indonesia dengan Timor Leste, atau antara Indonesia dengan Australia, ataupun antara Indonesia dengan Australia, ataupun antara Indonesia, Timor Leste dan Australia merupakan payung hukum untuk ketiga negara mengembangkan berbagai inisiatif guna pembangunan ekonomi wilayah yang berkelanjutan dan saling menguntungkan.

     

    Berbagai kesepakatan yang sudah dibuat dalam bentuk MoU tentang berbagai hal yang terkait dengan Pengembangan Segitiga Pertumbuhan Ekonomi antara Indonesia, Timor Leste dan Australia tentu telah dipahami bersama.

     

    Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Nusa Tenggara Timur pada awal Januari Tahun 2014 telah melakukan rapat kerja dan secara khusus membahas pengembangan Kawasan Segitiga Pertumbuhan ini dan sepakat untuk memberikan dukungan penuh guna berkelanjutannya,” katanya.

     

    Dia menambahkan, dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Provinsi NTT 2013-2018, pengembangan Kawasan Segitiga Pertumbuhan ini merupakan salah satu program prioritas dan strategis pemerintah daerah. Di tingkat pusat,pengembangan kawasan segitiga pertumbuhan ini juga telah dimasukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2014 – 2019.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.