• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 04 Desember 2020

     
    Home   »  Siapa & Siapa
     
    Thomas Jefferson (1743- 1826)
    YOHANES LANGGAR BILLY | Minggu, 09 November 2014 | 22:01 WIB            #SIAPA & SIAPA

    Thomas
    Dok Web, Thomas Jefferson, satu dari 100 pemimpin berpengaruh di dunia

     

     

    Flobamora.net - Thomas Jefferson (13 April 1743 - 4 Juli 1826) adalah seorang Bapak Pendiri Bangsa terkemuka Amerika Serikat, penulis Deklarasi Kemerdekaan (1776) dan menjabat sebagai Presiden ketiga AS (1801-1809). Jefferson adalah seorang Republikan berkomitmen – selalu berdebat penuh semangat demi lahirnya kebebasan dan demokrasi. Selain itu, Jefferson menulis undang-undang Kebebasan Beragama pada tahun 1777 tulisan itu kemudian diadopsi oleh negara bagian Virginia pada tahun 1786.

     

    Jefferson juga adalah seorang  polymath (seseorang yang mengerti berbagai macam ilmu) kondang dengan minat yang luas mulai dari arsitektur, berkebun, filsafat, sastra, dan pendidikan. Meskipun ia sendiri seorang pemilik budak, Jefferson berusaha untuk memperkenalkan sebuah undang-undang (1800) untuk mengakhiri perbudakan di seluruh wilayah Barat Amerika Serikat. Sebagai Presiden, ia menandatangani Rancangan Undang-Undang untuk melarang impor budak ke Amerika Serikat (1807).


    Masa kecil Jefferson

     

    Jefferson lahir dari keluarga berada di Shadwell, Goochland County, Virginia. Ayahnya, Peter Jefferson, adalah seorang pemilik tanah dan budak di Virginia. Ketika ayahnya meninggal pada 1745, Jefferson mewarisi 5.000 hektar tanah termasuk Monticello. Sebagai seorang anak muda, Thomas Jefferson adalah seorang mahasiswa yang antusias, sering menghabiskan sampai 15 jam sehari untuk belajar. Ia memiliki minat baca selama masa hidupnya. Ia tidak saja cerdas tetapi juga berbakat di banyak bidang. 

     

    Pada usia 16 ia belajar di College of William and Mary di Williamsburg, dan dua tahun kemudian ia lulus dengan penghargaan tertinggi. Setelah meninggalkan kuliah, ia menjadi pengacara dan kemudian bekerja sabagai anggota majelis rendah legislatif kolonial di Negara Bagian Virginia.

     

    Salah satu tulisan pertamanya yang penting di bidang politik berjudul A Summary View of the Rights of British America (1774). Tulisan ini memuat ringkasan yang bijaksana bagaimana cara Amerika bisa membuat penyelesaian dengan Inggris. Tulisannya ini memainkan peran penting dalam membentuk opini yang mengarah kepada Perang Kemerdekaan.


     


    Sumber: Biography online
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.