• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 13 Juli 2020

     
    Home   »  Siapa & Siapa
     
    Mikhail Gorbachev (1931 - )
    YOHANES LANGGAR BILLY | Senin, 10 November 2014 | 22:32 WIB            #SIAPA & SIAPA

    Mikhail
    Dok Web - Mikhail Gorbachev, Pemimpin Uni Soviet yang turut membentuk sejarah dunia

     

     

    Flobamora.net - Mikhail Gorbachev menjabat  Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet dari 1985-1991. Ia juga presiden pertama yang terpilih secara demokratis pada 1990.


    Mikhail Gorbachev memainkan peran kunci dalam membongkar cengkeraman
    kekuasaan komunis baik di Uni Soviet maupun di Eropa Timur. Aspirasinya terhadap demokrasi dan reformasi membuka jalan bagi berakhirnya Perang Dingin dan runtuhnya Tembok Berlin. Dia meninggalkan  kantor kepresidenan pada 1991, di tengah-tengah upaya kudeta yang gagal. Sejak meninggalkan kantor, Gorbachev telah bekerja tanpa lelah mempromosikan upaya-upaya baru yang berhubungan dengan keadilan sosial dan kepeduliannya terhadap lingkungan melalui organisasinya sendiri: Green Cross dan pada Oktober 1990 ia dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian.

     

    Gorbachev lahir pada Maret 1931 di Stavropol, Kaukus Utara dari sebuah keluarga petani miskin. Pada usia 11, wilayah itu diduduki oleh Jerman selama tiga tahun. Pada 1950 ia kuliah di Universitas Moskow di mana ia menjadi anggota partai Komunis Uni Soviet. Di partai inilah ia bertemu dengan calon istrinya, Raisa Maximova, yang kemudian dinikahinya tidak lama setelah itu. Setelah memperoleh gelar sarjana hukum, Gorbachev membuat banyak kemajuan dalam partai Komunis tersebut.

    Pada 1980 ia merupakan anggota politbiro termuda dan pada 1985 ia terpilih menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis. Pada awalnya Gorbachev relatif tidak dikenal tapi ia segera memberi indikasi bahwa ia ingin mereformasi masyarakat. Secara khusus ia mengumumkan dua kebijakan utama, Perestroika dan Glasnost.

    Perestroika mencakup reformasi ekonomi dan membuka peluang terhadap kekuatan pasar. Sedangkan Glasnost meliputi reformasi politik, termasuk di dalamnya kebebasan beragama dan kebebasan individu; kebijakan ini membuka jalan bagi demokrasi dan bagi pembebasan banyak tahanan politik. Kebijakan ini juga sangat berarti bagi Blok Timur. Ketika ekonomi Eropa Timur menjerit meneriakan kebutuhan akan demokrasi, Uni Soviet tidak menghalangi mereka (seperti yang terjadi di Hongaria dan Cekoslowakia).

    Di kancah internasional, Gorbachev bercita-cita mengakhiri perlombaan senjata dengan mengatakan:
    "Kita perlu Bintang Perdamaian, bukan
    Perang Bintang"

    Dia telah dipercayai dengan memainkan peran utama dalam mengakhiri perang dingin, baik di blok Timur maupun Barat. Pada 1991, pasukan militer konservatif mencoba melakukan kudeta di mana kehidupan Gorbachev berada dalam bahaya sangat serius. Kudetanya gagal tapi pada waktu kembali ke kekuasaan politik Moskow, Gorbachev beralih dari Politbiro ke modernisasi seperti Yeltsin. Kemudian Gorbachev mengundurkan diri dan tidak pernah sukses kembali ke dunia politik Rusia.

    Raisa Maximova, istri Gorbachev meninggal akibat leukimia yang dideritanya pada 1999. Mereka memiliki seorang putri bernama Irina.

    Meskipun tidak populer di Rusia karena perannya atas pecahnya Uni Soviet, ia tetap masih punya pengaruh. Pada 2011, ia mengkritik Putin (yang sebelumnya ia didukung) karena masa jabatan ketiganya sebagai Presiden Rusia. Ia juga kritis terhadap menurunnya demokrasi pada pemilihan umum pada 2011.


     


    Sumber: Biography online
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.