• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 16 September 2019

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Harga BBM Naik, Angkot di Ende Mogok
    LEX | Selasa, 18 November 2014 | 14:57 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Harga
    Angkot yang mogok diparkir di depan Gedung DPRD Ende

     

    Ende, Flobamora.net - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diumumkan pemerintah, Senin (17/11) malam berdampak pada tidak beroperasinya puluhan angkutan kota di Ende.

     

    Angkutan kota mogok sejak pagi hingga petang. Seperti disaksikan, angkutan kota yang selama ini melayani penumpang hanya diparkir di sepanjang jalan Kathedral dan Yos Sudarso dan selanjutnya melakukan aksi damai mendatangi Dinas Perhubungan Kabupaten Ende.

     

    Beberapa kendaraan angkutan kota yang masih menaikkan dan menurunkan penumpang dihadang oleh sesama rekan sopir dan disuruh untuk bergabung melakukan aksi mogok.

     

    Meski aksi ini berlangsung sejak pukul 07.00 Wita namun tidak menghalangi para pelajar dan masyarakat umum menggunakan kendaraan umum itu.

     

    Salah seorang Sopir Angutan Kota, Ucok, mengatakan aksi yang mereka gelar hanya mau meminta pemerintah daerah segera menetapkan tarif resmi paska kenaikan harga BBM.

     

    Dia menyebutkan, pihaknya merasa dirugikan dengan kenaikan BBM tersebut. Menurutnya,pemilik kendaraan tidak mau tahu para sopir harus menyetor Rp. 200 ribu setiap harinya.

     

    “Mereka tidak mau tahu , apalagi dengan kenaikan BBM kami juga harus setor dengan angka yang sama. Makanya kami mogok hari ini untuk bertemu dengan pihak Dinas Perhubungan untuk segera menetapkan tarif pasca ditetapkannya kenaiakn BBM,” kata Ucok.

     

    Dia menuturkan, mereka berharap sebelum ditetapkan tarif resmi maka mereka akan menetapkan tarif angkutan dalam kota sebesar Rp. 3.000  untuk pelajar/mahasiswa yang sebelumnya Rp. 1.500 dan untuk masyarakat atau dewasa Rp. 5.000 dari sebelumnya Rp. 3000.

     

    Sementara itu Kepala Bidang Hubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Ende, Mustaqim Mberu ketika bertemu dengan perwakilan para sopir berharap agar para sopir bersabar.

     

    Menurutnya, penyesuaian tarif merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi, karena itu dirinya menghimbau agar tarif lama bisa digunakan lagi sambil menunggu tarif baru. Meski demikian para sopir merasa itu bukan merupakan jalan keluar karena harga BBM sudah naik.

     

    “Kami tidak bisa mengikuti hal itu. BBM sudah naik makanya kami tetap naikkan tarif sesuai dengan perhitungan kami sambil menunggu tarif baru,” kata Usman, sopir lainnya.

     

    Seperti pantauan, hingga  pukul 14.00 Wita, kondisi Kota Ende terasa lengang. Tidak terlihat angkutan kota yang beroperasi.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.