• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 16 September 2019

     

     
    Home   »  Siapa & Siapa
     
    Michelangelo (1475-1564)
    YOHANES LANGGAR BILLY | Sabtu, 22 November 2014 | 18:01 WIB            #SIAPA & SIAPA

    Michelangelo
    Dok Web

     
    Flobamora.net  - Selama masa hidupnya yang panjang, Michelangelo, seorang pemahat, pelukis, dan arsitek berkebangsaan Italia, adalah sahabat dekat para pangeran, khususnya Pangeran Lorenzo de Medici (1449-1492), seorang penguasa Florence. Michelangelo bersahabat dekat juga dengan para kardinal, paus, pelukis lainnya serta para penyair.

     

    Michelangelo adalah putra gubernur Caprese, Lorenzo Buanarroti, orang yang memiliki koneksi dengan keluarga Medici yang berkuasa. Saat berusia 13, Michelangelo memulai magang kerja pada pelukis Domenico Ghirlandaio (1449-1494), orang yang lukisan-lukisannya bertemakan religi dengan setting dan detil-detil borjuis – berhubungan dengan masyarakat kelas menengah. Menghabiskan dua tahun pertamanya dengan Ghirlandaio, Michelangelo terlibat perkelahian sengit dengan teman kuliahnya dan mendapat pukulan keras pada hidungnya yang membuatnya agak pesek dan bengkok.

     

    Menyadari dirinya buruk rupa akibat perkelahiannya itu, Michelangelo memutuskan untuk memuliakan figur pria melalui kegiatan seni pahatnya. Sebelum menginjak usia 16, ia telah menghasilkan arca Battle of the Cantaurs (1492) dan Madonna of the Stairs (1492), menampilkan pengembangan gaya pribadi.

     

    Michelangelo berkelana ke Roma sepeninggal Lorenzo de Medici dan merampungkan patung Pieta (1500) – arca yang menggambarkan seorang Maria muda, Bunda Kristus, yang sedang menahan emosi, bukannya menampilkan kesedihan yang mendalam, sambil merangkul Kristus yang tidak bernyawa dalam dekapan kedua tangannya – di Basilika Santo Petrus, satu dari hanya beberapa karyanya yang ia bubuhkan tanda tangannya. Michelangelo lalu mendemonstrasikan talentanya melalui arca yang lebih besar dengan menggunakan marmer / pualam, David (1950), dengan ketinggian 14,24 kaki, dilukiskan sebagai seorang pemuda telanjang, berotot, dan tegap.

     

    Karya Michelangelo, yang dikenal dengan sebutan terribilita, – mengandung kualitas berinspirasikan ketakutan dan kekaguman, – merupakan kekhasan kepribadian Michelangelo sendiri. Setelah menyelesaikan arca David, Michelangelo dipanggil ke Roma oleh Paus Julius II pada 1505 untuk melukis langit-langit Kapela Sistine. Berbaring dengan punggungnya beralaskan penopang, Michelangelo melukis kisah Penciptaan pada langit-langit kapela berukuran 5.800 bujur kaki, dari 1508 sampai 1512. Lukisan-lukisannya itu menunjukkan ketelitian yang tinggi atas anatomi manusia dan pergerakannya dalam sembilan adegan yang diambil dari Kitab Kejadian Perjanjian Lama, diantaranya adalah God Separating Life from Darkness, the Creating of Adam and Eve, the Temptation and Fall of Adam and Eve, dan the Flood. Dua figur yang menakjubkan dalam adegan-adegan lukisannya adalah David dan Adam, mengekspresikan ide Michelangelo tentang ‘keindahan ilahi di Bumi.’

     

    Michelangelo terus memberikan kontribusinya di Kapela Sistine dengan lukisan renaisansnya, Last Judgement (1541) di tembok altar. Semua figur lukisannya telanjang, dan satu dekade kemudian seorang seniman lain menutupi para figur telanjang tersebut dengan lukisan kain penutup.

     

    Sebagai arsitek kepala di Basilika Santo Petrus, Roma, Michelangelo bertanggung jawab atas bentuk akhir kubah gereja tersebut. Kubah ini menjadi simbol kekuasaan dan menjadi model bagi bentuk kubah-kubah di dunia Barat, termasuk gedung U.S. Capitol di Washington D.C.     


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.