• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 30 Oktober 2020

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    PT INSAN Bangun Pabrik Soda Ash di NTT
    ALBERTO | Senin, 01 Desember 2014 | 21:59 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    PT
    Maket Pabrik Soda Ash di Kawasan Industri Bolok, Kabupaten Kupang

     

     

    Kupang, Flobamora.net - Satu lagi industri besar akan hadir di Nusa Tenggara Timur (NTT). Tidak lama lagi, provinsi kepulauan ini menjadi penghasil soda as, untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

     

    Langkah strategi itu dilakukan oleh PT Indonesia Soda Ash NTT (INSAN) yang menggandeng  China Tianchen Engineering Cooporation (TCC), dalam sebuah tandatangan kontrak kerja untuk pembangunan pabrik soda ash di Kupang yang merupakan pabrik pertama di Indonesia.

     

    Penandatanganan kontrak kerjasama antara Dirut PT INSAN, Suharso Monoarfa dengan Dirut TCC, Jian Shimen yang disaksikan  Gubernur Frans Lebu Raya dan pimpinan DPRD NTT di Kupang, Senin (1/12).

     

    “Selain merupakan pabrik soda ash pertama di Indonesia, pabrik ini akan dibangun di Kawasan Industri Bolok dengan luas lahan 40 hektare  dan nilai investasinya mencapai Rp 3,5 triliun,” kata Monoarfa.

     

    Dia menjelaskan, soda ash merupakan bahan baku industri pembuatan kaca dan deterjen, serat dan plastik, sabun, petrokimia, pulp dan kertas, pupuk, bahan peledak.peluru dan berbagai bahan kimia lainya.       

     

    Menurutnya, pabrik soda ash di Kupang kapasitas produksinya 400 ribu ton per tahun dan akan menyerap sekitar 800 tenaga kerja baru baik yang berasal dari NTT maupun dari luar. Khusus untuk tenaga kerja dari NTT, ujarnya, setelah direkrut akan dimagangkan di Cina sebelum  diperjakan di pabrik soda ash.

     

    “Setelah melakukan penelitian dan kajian, kami memilih Kupang sebagai lokasi pabrik  karena bahan baku kunci yakni garam dam batu kapur tersedia cukup banyak di NTT yang menjadi kebutuhan pembuatan soda ash,” paparnya.

     

    Selain itu, tambah mantan Menteri Perumahan Rakyat Kabinet Indonesia Bersatu I ini , limbah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk fundasi jalan dan tidak membahayakan lingkungan serta sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

     

    Kata dia, pembangunan pabrik soda ash di Kupang dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat,membuka lapangan kerja baru, pembayaran pajak, pertumbuhan ekonomi daerah serta perangsang pertumbuhan industri.***           


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.