• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 12 Desember 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    FORMI Gelar Tes Kebugaran
    ALBERTO | Kamis, 04 Desember 2014 | 15:04 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    FORMI
    Proses tes kebugaran oleh FORMI NTT

     

    Kupang,Flobamora.net - Sebanyak 110 orang mengikuti tes kebugaran tingkat provinsi yang diselenggarakan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Provinsi NTT. Para peserta yang lolos akan mengikuti tes tingkat nasional di Jakarta, tanggal 6 dan 7 Desember 2014.

     

    Ketua Panitia Tes Kebugaran Tingkat Provinsi, Rikardus Wawo menyampaikan ini kepada wartawan di sela- sela kegiatan yang terpusat di Stadion Oepoi Kupang, Kamis (4/12).

     

    Rikardus menjelaskan, para peserta yang mengikuti tes kebugaran ini berasal dari dua kategori, yakni remaja dan dewasa. Dari hasil seleksi yang ada, empat orang akan dikirim untuk mengikuti tes kebugaran tingkat nasional. Empat orang itu, dua orang putra masing- masing satu dewasa dan satu orang remaja, serta dua orang putri masing- masing satu orang remaja dan sat orang dewasa.

     

    “Pelaksanaan tes kebugaran ini merupakan kerja sama antara FORMI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI,” kata Rikardus.

     

    Dia menyampaikan, kebugaran sangat penting diikuti semua komponen masyarakat. Kebugaran sangat menentukan produktivitas kerja. “Jika kerja bagus yang didukung dengan kebugaran yang baik, maka hasil kerjanya menjadi bagus,” ujarnya.

     

    Ketua Harian FORMI NTT, Semuel Hauteas menjelaskan, peserta yang mengikuti tes kebugaran sebanyak 110 orang itu terdiri dari, 70 remaja/pelajar dan 40 dewasa. Remaja yang ikut tes dimaksud, berasal dari tujuh sekolah tingkat SLTA di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

     

    Sedangkan dari kalangan dewasa, sesuai rencana diikutkan oleh semua instansi lingkup pemerintah. Namun karena waktunya singkat, maka peserta yang ikut tes kebugaran dari Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Provinsi NTT, Kota Kupang, dan Kabupaten Kupang.

     

    Dia menyebutkan, ada lima komponen yang menjadi penilaian dalam tes kebugaran ini, yakni tekanan darah, indeks masa tubuh untuk mengukur tinggi dan berat badan. Daya tahan dan kekuatan otot yang dilihat dari seat up dan push up. Daya tahan jantung dan paru- paru yang dilihat dari lari.

     

    Untuk remaja harus lari sejauh 1.600 meter dan dewasa 2. 400 meter. Sistem yang dipakai untuk lari adalah volume oksigen maksimal (VO2max). Komponen terakhir adalah kelenturan tubuh.


    “Jika semua komponen tersebut dapat diukur secara teratur, maka akan diketahui tingkat kebugaran seseorang,” paparnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.