• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 18 Juni 2021

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Mayora Group akan Kembangkan Industri Gula Berbasis Tebu di TTS
    RISKY ALBERTO | Sabtu, 06 Desember 2014 | 07:01 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Mayora
    Bupati TTS, Paulus V.R Mella

     

     

    Soe, Flobamora.net - Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dalam tahun 2014 ini menghadirkan investor untuk mengembangkan industri gula berbasis tebu di daerah itu.

     

    Bupati TTS, Paulus V.R Mella kepada wartawan di Soe, Sabtu (6/12) menyebutkan, investor tersebut adalah PT Swarna Hijau Indah dari Group Mayora untuk pengembangan industri gula berbasis tebu.

     

    Menurutnya, untuk gula, investor meminta disediakan lahan seluas 12.000 hektare guna pengembangan tanaman tebu sebelum mendirikan pabriknya.Namun, saat ini ketersediaan lahannya masih disurvei oleh pihak perusahaan,karena luas lahan yang ada selain milik masyarakat juga kawasan hutan lindung.

     

    “Kami sudah tawarkan kepada investor ada dua wilayah yang bisa dikembang menjadi sentra penanaman tebu yakni Kecamatan Kualin dan Kecamatan Amanuban Selatan. Prinispnya, jika luas lahannya tidak mencapai itu, mereka sudah siap dengan lahan perkebunan tebu sekitar 3.200 hektare,” katanya.

     

    Dia mengakui, wilayah selatan TTS itu adalah kawasan produksi pertanian, perkebunan dan peternakan potensial. Jika investor berkeinginan menanamkan modalnya tetap diberi kesempatan.  

     

    Pemerintah daerah, tuturnya, sangat mendukung niat baik investor untuk menanamkan modalnya. Namun, kami juga meminta mereka untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tentang manfaat industri itu termasuk hasil ikutannya misalnya untuk pertanian dan peternakan.

     

    “Mengingat wilayah selatan dominasi lahan kering, kami sudah meminta investor untuk mengembangkan varietas tebu yang cocok dengan kondisi lahan. Ternyata, hal tersebut sudah diantisipasi dan sudah dilakukan uji coba,” jelasnya.

     

    Dia menambahkan, untuk pengembangan industri gula berbasis tebu, pihak perusahaan mengembangkan tebu varietas khusus yang cocok dengan lahan kering dan akan melibatkan masyarakat setempat  dengan pola inti dan plasma, dimana masyarakat menjadi pendukung sepenuhnya atau plasma untuk industri tersebut.

     

    Mella berharap, di tahun 2015 mendatang rencana Mayora Group sudah bisa terwujud  demi menunjang pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut dan masyarakat setempat akan mendapatkan manfaat atau nilai tambah.***


     




    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.