• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 20 Oktober 2019

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Dinas Perindag Gandeng BUMN Gelar Pasar Murah
    RISKY ALBERTO | Sabtu, 06 Desember 2014 | 07:45 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Dinas
    Kegiatan pasar murah di Kota Kupang

     

    Kupang, Flobamora.net - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi NTT menggandeng Badan Usaha Minik Negara (BUMN) menggelar operasi pasar menyongsong Hari Natal dan Tahun Baru 2015 yang dilaksanakan mulai 8- 13 Desember 2014.

    Kepala Dinas Perindag NTT, Bruno Kupok kepada wartawan di Kupang, Sabtu (6/12) menjelaskan, untuk mendekatkan pelayanan, kegiatan operasi pasar ini digelar di beberapa tempat berbeda di masing- masing kelurahan.

     

    Kegiatannya, kata dia, akan digelar di rumah-rumah ibadat. “Operasi pasar ini untuk menghindari lonjakan harga akibat tingginya permintaan kebutuhan menjelang Natal dan tahun Baru 2015,” kata Bruno.

    Menurutnya, pelaksanaan operasi pasar tahun ini bergandengan dengan BUMN agar kegiatannya menyebar di beberapa titik. Kegiatan pasar murah pada tahun-tahun sebelumnya, dilakukan secara terpisah sehingga kegiatannya hanya di satu titik.

    Selain menggandeng BUMN, lanjutnya, kegiatan ini juga melibatkan para distributor sembilan bahan kebutuhan pokok dan barang kebutuhan strategis lainnya. Berdasarkan laporan dari distributor, stok sembako cukup aman untuk tiga bulan ke depan, sehingga tak ada penimbunan barang kebutuhan untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

    “Walau terjadi kenaikan harga barang kebutuhan di pasar, tapi harganya masih normal,” ujarnya.

     

    Dia menjelaskan, pihaknya juga melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap semua barang yang beredar di pasar. Jika ada barang yang ditemukan kadaluarsa atau berbahaya untuk kesehatan, tentunya langsung disita untuk selanjutnya dimusnahkan.


    Untuk hal ini, Dinas Perindag NTT akan bekerjasama dengan jajaran Polda, Dinas Perindag kabupaten/kota, Balai Pengawasan Obat dan Minuman (BPOM), dan Dinas Kesehatan.

    “Gubernur akan melakukan pemantauan ketersediaan sembako dan barang strategis lainnya di gudang-gudang distribusi dan pasar. Pemantauan ini akan dilaksanakan sekitar minggu kedua Dessember,” papar Bruno.

    Kegiatan lainnya, lanjutnya, melakukan tera ulang terhadap semua alat ukur, termasuk di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Memang selama ini, kegiatan tera ulang ini dilakukan secara berkala setiap enam bulan. Tapi dalam rangka menyongsong perayaan Natal dan Tahun Baru 2015, juga dilakukan tera ulang. Kegiatan ini di bawah koordinasi Unit Metrologi.

    Bruno menambahkan, untuk operasi pasar, berada di bawah kendali Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) NTT. Kegiatan ini sudah dilaksanakan oleh Bulog sejak beberapa waktu lalu. ***


     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.