• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 16 September 2019

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    PLN Jamin Listrik Tidak Padam pada Hari Raya Natal
    ALBERTO | Senin, 15 Desember 2014 | 13:25 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    PLN
    General Manajer PLN NTT, Richard Safkaur, saat meninjau kesiapan pembangkit listrik di PLTD Tenau, Kupang

     

    Kupang, Flobamora.net  – PT PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) siap mengamankan pasokan listrik selama Hari Raya Natal 2014 dan Tahun Baru 2015. PLN mempersiapkan hal-hal demi kontinuitas pasokan listrik, kecuali bila terjadi sesuatu yang diluar kendali PLN.

    General Manager PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur menjelaskan pada prinsipnya semua unit pelayanan PLN yang tersebar di seluruh Wilayah NTT mulai dari unit PLN level Area, Rayon hingga PLN unit Sub Rayon  pada tingkat kecamatan selalu siap dan wajib mengamankan pelayanan pasokan listrik kepada masyarakat setiap hari.

    "Khusus saat hari raya keagamaan dan kegiatan penting lainnya, kesiapan PLN lebih ditingkatkan," kata Richard, Senin (15/12).

    Richard menjelaskan, kesiapan PLN Wilayah NTT jangan disalah-artikan, seakan-akan PLN menjamin listrik tidak akan padam. Intinya PLN wajib memastikan pelayanan listrik berlangsung aman, kontinyu dan berkualitas.

    Dia mengatakan, listrik bisa saja padam jika terjadi gangguan diluar kendali PLN, baik disisi pembangkit atau di sisi jaringan distribusi. Gangguan itu bisa bersifat kejadian luar biasa atau peristiwa alam.

     

    Dia menjelaskan, untuk menghadapai hal-hal yang tak terduga tersebut, PLN menyiagakan unit reaksi cepat untuk mengatasi kejadian tersebut dengan prinsip secepatnya memulihkan kembali pasokan listrik.Safkaur.

    "Khusus pasokan listrik untuk Kota Kupang dan sekitarnya, saat ini terus diupayakan optimalisasi performa PLTU Bolok dan pembangkit di PLTD Kuanino dan Tenau. PLTU Bolok akan beroperasi sesuai kebutuhan, bila  satu unit saja sudah cukup, maka satu unit lagi tidak dioperasikan atau hanya siaga (standby)," ujarnya.

    Satu unit mesin PLTU Bolok ditambah beberapa pembangkit di PLTD yang beroperasi sudah cukup memenuhi kebutuhan pada puncak pemakaian tertinggi atau beban puncak Kota Kupang pada malam hari sebesar 55.000 kilowatt (kW) atau 55 mega watt (MW). Dengan demikian ada cadangan karena pembangkit yang standby.

    “Kondisi kelistrikan di Pulau Flores, khususya wilayah PLN Area Flores Bagian Barat secara umum pasokannya aman. Sistem Ende yang beberapa waktu lalu sempat mengalami gangguan hingga terjadi padam, saat ini dayanya sudah cukup,” jelasnya.

    Dia mengemukakan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTM) Ndungga di Ende saat ini sudah bisa beroperasi setelah debit air meningkat karena masuk musim hujan. Tetapi PLTM Ndungga dengan daya mampu 1,2 MW hingga 1,8 MW, hanya dioperasikan saat dibutuhkan saja.

     

    Dia mengatakan, kebutuhkan kota Ende dan sekitarnya saat ini dipasok oleh  PLTU 2x7 MW di Ropa yang beroperasi dalam masa ujicoba tahap realibility run (RR) dengan mensuplai daya sebesar 6,5 MW.

    Menurutnya, daerah yang masih ada pemadaman di wilayah PLN Area Flores Bagian Barat. Di Pulau Adonara dengan beban puncak sebesar 2,56 MW masih defisit sebesar 800 kW .

     

    “Kondisi di Adonara ini akan pulih paling lambat 17 Desember,  karena selesainya pekerjaan uprating (peningkatan kemampuan) mesin yang ada dan tambahan mesin dalam proses instalasi. Sedangkan di Pulau Lembata kekurangan daya akan segera teratasi sebelum Hari Natal,” katanya.***.

     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.